Belanjaan dari Mataharimall.com Datang Juga!

An2Jbm2Nf1N75iCGKGcjnSDlzjqZ-CkFdIWKzIYYFX1Q

Akhirnya, setelah 12 hari barang belajaan dari Mataharimall.com sampai juga di tangan saya. Melanjutkan postingan sebelum ini terkait pengalaman berbelanja di Mataharimall.com, saya akan bercerita beberapa hal setelah proses konfirmasi pembayaran hingga pengiriman barang.

Setelah saya mendapatkan konfirmasi pembayaran via email, saya sempat menunggu beberapa hari dengan ekspektasi barang akan diterima dalam rentang waktu 4-7 hari. Iseng-iseng di hari keempat saya buka dashboard mataharimall.com, ternyata status pesanan saya masih pending shipment, alias pengiriman barang ditunda.

Dengan hati sedikit gundah gulana, saya coba tanyakan kepada admin twitter @mataharimallcom dengan menyertakan nomor pemesanan. Hmmm.. seperti dugaan saya, barangnya emang belom dikirim.

AoaeA2zDOYgQW1bCfYQJFy7AqMV5sJd2S9cN5K0SQALq

Ya sudahlah ya, ga terlalu ngarep juga sih, karena saya mikir ini e-commerce baru mungkin sistemnya belum berjalan semua, masih newbie gitu meskipun seharusnya enggak gitu juga sih kan sokongan dana juga luar biasa. Akhirnya, sambil nunggu kepastian selanjutnya, saya cuma baca dan balesin komen di postingan blog sebelum ini.

Nah, kalo gak salah, dua hari setelahnya (17 September 2015) ada telepon masuk yang ngakunya dari CS Mataharimall.com. Dia menginformasikan kalau salah satu barang pesanan saya tidak tersedia, dan mereka akan mengganti dana yang sudah saya bayarkan.

Lah, kok bisa pikir saya. Kenapa bisa kehabisan stok padahal barang itu dipajang di website? Selain itu, barang yang unavailable itu harganya cuma Rp4.000-an, masa mau direfund? Seharusnya ada sistem deposit gitu sih menurutku, jadi dana yang gagal bisa masuk ke sana dan dipake lagi buat belanja.

“Belum ada sistem seperti itu, jadi kami harus refund dan nanti kami sekalian kirim voucher diskon sebagai bentuk permintaan maaf,” kata CS-nya.

Masih pada kesempatan ngobrol sama CS yang sama, saya tanyakan lagi lantas kapan barang saya akan dikirim? Jawabannya ternyata default, sekitar 4-7 hari kerja. Yaelah, terus seminggu kemarin kemana saja mas? Kok baru mau dikirim. Hvft.

Saya pun menganggap telepon itu sebagai angin lalu, dan tidak beharap kalau barang akan datang dalam waktu dekat. Tak disangka tak dinyana, Jumat (18 Sept 2015) saya dapat SMS nih dari acommerce yang ngasih tahu kalau pesanan saya sedang on the way.

Ai81vvjcOUL07ihaL6z0zs9KqufHK-W6X4OLnRInTffH

“Oh baru dikirim, palingan nyampe Senin,” saya pikir. Kemudian Jumat siang ada satu panggilan tak terjawab dari nomor kantor. Biasanya saya dihubungi kalau ada kiriman atau paket untuk saya. Tapi karena saat itu tak terangkat, yasudah saya biarkan saja. Tapi saya jadi mikir kalau pesanan dari Mataharimall.com sudah sampai, apalagi sorenya teman saya kasih kabar kalau ada barang atas namaku di kantor.

Nah, karena saya berprinsip Jumat haram ngantor, yasudah paketnya saya biarkan saja, dan akan dijemput pada Senin. Makanya, saya tinggal berlibur saja saat akhir pekan.

Kemudian, hari ini Senin (21 Sept 2015), saya pun ngantor dan memang mendapati ada satu paket berbungkus plastik yang bertuliskan mataharimall.com dan ditujukan untuk saya. Yeah, akhirnya setelah hampir dua pekan barang pesanan saya bisa sampai juga di tangan.

Saya lihat sih pengemasannya lumayan rapi, plastiknya juga lucu sih menurutku mana di bawahnya juga dicetak dengan font tulisan tangan bertuliskan “Hope you like it! =) -HW”. Saya menduga-duga kalau HW itu inisial buat Hadi Wenas, CEO Mataharimall.com.

Demikianlah sodara-sodara pengalaman panjang saya pertama kali berbelanja di Mataharimall.com, sedikit kecewa sih iya, tapi kayanya saya gak kapok. Nanti mau coba belanja dengan metode pembayaran lainnya deh, terutama untuk fasilitas cicilan 0%-nya. Tapi ya nanti-nanti saja, kalau sistemnya udah mulai rapi, tapi semoga promonya juga bisa terus diperpanjang.😀

Ya, saya sih gak underestimated sama mataharimall.com, juga bukannya tidak menyarankan untuk berbelanja di sana, cuma harus sedikit bersabar saja, karena ini emang e-commerce baru yang katanya mau jadi yang nomor 1 di Indonesia masih sangat baru dan masih dalam perbaikan sana-sini.

24 komentar

  1. […] Kami Pindahan… Belanjaan dari Mataharimall.com Datang Juga! […]

  2. waduh lama juga ya, padahal ane baru konfirmasi nih tadi jam 8 malem wkwkwk.. ahh sudah lah ditunggu aja nanti baru di hubungin cs nya kalau statusnya ga berubah2😀 thanks infonya ya mbak sangat membantu🙂

    1. heheh semoga aja lantjar jayaaa ~

  3. cha2iruka · · Balas

    Saya belanja di mataharimall.com dan melakukan pembayaran via transfer bank hari kamis (17/09) dann langsung konfirmasi ternyata baru dapat email bahwa pembayaran saya diterima (21/09) senin pagi dan langsung dikirim oleh tokonya akhirnya hari ini rabu (23/09) baru sampai ditangan. Jadi sebenarnya yang bikin lama itu justru konfirmasi pembayaran via transfer bank bukan pengirimannya. Kalau saya bandingkan sama cara kerja t*k*p**ia sih sebenarnya masih kalah jauh. Karena saya belum pernah belanja di e-commerce lain dengan lama waktu validasi transfer begitu lama sampai hampir 3 hari kerja. Menang matahari mall menurut saya pribadi hanya dibagian gratis pengiriman. Tapi mungkin pengalaman ini berbeda dengan metode pembayaran yang lain

    1. Hi… thanks udah sharing. Iya sih, kayanya yg bikin lama kalau bayar via bank transfer, soalnya temen-temen saya yang pake creditcard relatif cepat, satu sampai dua hari barang sudah di tangan.

  4. Seandainya saya baca tulisan ini 3mgu lalu sblm tergoda iklan dan nama besar matahari, mgkn sy urungkn niat belanja disini. Sdh 3mgu. Status msh pending shipment. Email berkali2 cuma autoreply tx sdh email tanpa jwbn aplg solusi. Ditlp pun tanpa rasa bersalah jwbnnya disuruh tunggu lg 3-7 hari ke dpn. Oala… brg yg dicari banjir dipasaran, pengiriman pun memg ditunggu hari terakhir dr limit. Itupun disuruh tunggu extra 7hari ke dpn. Kita lihat saja 7hr ke dpn itu berarti sebulan baru diantar brgnya. Pesanan dari luar negeri saja cuma butuh hitungan hari. Ini sampai sebulan dikirim dari luar angkasa kali ya… OMG… ditanya kl sy mau retur atau semacamnya bgmn caranya, jwbnnya tdk bs kecuali cacat brgnya. ckp deh 1x ini saja pengalmn blnja disini… competitor bs koq ksh garansi kl 4hr tdk sampai brg blh di refund….

    1. Walah, belum sampai juga barangnya? Kayanya banyak juga yang pengalamannya kaya begini… :nohope

  5. hi, ikut seneng akhirnya barang kamu datang juga🙂
    aku juga sedang menantikan barang pesanan dari MM. order, pembayaran & verifikasi di tgl yg sama: 28 sep. dan sampai sekarang juga masih belum nyampe. tapi emang dari awal udah tau kalau bakal lama sih😄

  6. emonsong · · Balas

    Iseng nyari komentar ttng Matahari Mall… akhirnya ketemu juga….
    wah mba lebih beruntung setidaknya barangnya tersedia… dan dah dikirim…

    Well, Pesanan sy sampai hr ini belum ada kabar.. dr tgl 23 sep dah transaksi sampai hari ini belum diverifikasi pembayarannya… sy beli ikea pruta flash sell harga nya emang miring sih dapat harga 6000 rb untuk se set ikea pruta… sy transaksi untuk beberapa set … dan hasilnya sampai saat itu belum ada kabarnya barang yg sy pesan tsb…hemm rada kesal juga sih… yah kalau emang sistem dan manajemen belum mampu… dan belum siap nge handel ledakan pemesanan sebaiknya gak usah pake flash sell segala buat PHP costumer… udah complain 2 kali gak digubris… parah…. sy sering belanja ditokped, lazada, blibli, gak ada kasus yg seperti ini…
    Disappointed bangt sama MM,,,,

    1. Sama ya,sy juga bayar tgl 14 nov, sampai skrg ga ada kabar beritanya, padahal hari itu jg saya pesen barang lain di blibli.com, dan barang besoknya langsung sampai dan udah dipakai nih..,tokopedia, dinomarket dan blibli and qq10 deh jadi favorit saya,ga pake riber…suwerr jadi males belanja di mataharimall.com,kapok……

  7. ga ada kabar beritanya, padahal hari itu jg saya pesen barang lain di blibli.com, dan barang besoknya langsung sampai dan udah dipakai nih..,tokopedia, dinomarket dan blibli and qq10 deh jadi favorit saya,ga pake riber…suwerr jadi males belanja di mataharimall.com,kapok……

  8. Kalo tentang lamanya pengiriman, saya nggak masalah sih.. yang kudu hati-hati itu vouchernya.. saya dapat voucher dari matahari dgn langganan new email (50rb x 2), T-sel (100rb x 2) dan matahari diskon 11/11 (50rb x 2), T-sel (50rb x 1)
    dari semua voucher yang saya dapatkan, ada 3 voucher yang tidak bisa dipakai, dari langganan news email 1 x 50rb, t-sel 1x100rb, sama matahari diskon 11/11 1x50rb

    jadi ketika itu saya sudah memilih belanjaan dan memakai voucher, udah dapat diskon nih.. berbelanja dgn CC, kita akan diminta memasukkan no CC, expired date, n 3 digit nomor di CC kita, setelah itu akan mendapat sms OTP dari bank ybs.. nah, setelah saya masukkan no OTP dan kirim, ternyata gagal (tulisannya agak lupa, blablabla can not nutt, bla bla bla can not be empty gitu deh), akhirnya kembali ke halaman ‘pembayaran’ dan saya memulai proses dari awal (isi no CC, tgl, dll) lalu berhasil.. eh TAPI ternyata vouchernya otomatis menghilang (jadi aku bayarnya full nggak kepotong voucher)

    #ah, ya sudahlah, dipake aja lain kali.. ternyata, ketika mau dipakai lagi, voucher yg tadi (gagal) itu sudah tidak bisa digunakan, ketika komplain, jawabannya sama saja: masih dalam proses pengecekkan, nanti akan diganti dalam waktu 3-7 hari kerja (nyatanya dari tgl 8 Nov sampe skrg nggak ada ganti2nya)

    Kecewa sih, tapi mau gimana lagi,, diskon nya besar sih, mungkin itu hanya trik agar kita berbelanja, jadi kalo ada belanja pake voucher lalu transaksinya gagal, sebaiknya diperiksa lagi apakah vouchernya sudah dicantumkan atau belum

  9. Sy kmrn jg nyoba belanja di matahari.com krn tertarik diskon hrg. Sy byr kamis siang (19/11) dan sabtu siang (21/11) sy trm brg. Sy di solo. Cpt jg ya…tp sayangnya yg smp cm 1 pdhal psn 2 item. Mdh2an nyusul

  10. Waduhhh…. Yang kecewa banyak juga yaa. Jadi mundur teratur deh. Padahal ada barang yang menarik hati, mumpung lagi hari blanja onlen nasional, hiks.. Mending balik ke toped aja lah😥 Gak jor-joran diskon tapi buyer protectionnya jelas

    1. Nur atiqon · · Balas

      Hem nyesel bgt belanja di mall matahari.com
      Biasanya saya pake blibli.com zalora atau lazada gak seribet ini.
      Saya sudah transefr tgl 12 desmber smpai sekarang belum ada konfimasi verifikasi pembayaran. Sttus nya masih pending payment complection.bete cukup sekli dan ga mau lagi

  11. Muhammad Ikram · · Balas

    produknya sesuai dengan yg digambar gk Mbak yg dijual di Mataharimall.com?
    soalnya saya sering belanja online tapi kadang2 beda dengan produk aslinya…

    1. Sama kok, kebetulan yang saya beli memang produknya matahari. ga tau kalau produk dari tenant lain, kan di MM juga ada penjual dari luar kan?

  12. maaf ni, ikut share. saran aja, klo bisa jgn tergiur deh. soalnya saya bulan januari ini order netbook Acer, 1 mnggu lbh barang sampai. karna saya orgx gaptek, alhasil saya bawalah netbook sya ke service center Acer utk pngecekan dn instal aplikasi (karna masih kosongan netbookc). ternyata, setelah dicek oleh teknisi, netbook sya sdh hilang 2 baut, segel Acer resmix yg di dlam sdh g da, dan ada mesinx yg sdh dol. ampuuunn, kecewa bingit, akhirx sy proses utk retur.
    alamak, lama dan susah proses returx, dn sampai skrg belum slse prosesx. H2C ni, bisa balik ga ya modal. think again deh say and gan

  13. Mbak mau tanya. Barang yang tidak tersedia itu apa benar jd direfund? Terima kasih

    1. katanya sih begitu, tapi kemarin waktu dikasih tau bakal direfund, saya ga cek lagi…

  14. itu pengiriman barang nya habis dilunasin cicilannya atau dalam masa cicilan ? trimakasih

    1. barang dikirim sejak pemesanan dan proses cicilan diterima. barang dulu, pembayaran cicilan menyusul.

  15. gimana ya cara mengkonfirmasi pembayaran. saya udah nyari konfirmasi pembayarannya, tapi gak ketemu.

    1. Alex B. · · Balas

      Duh, nemu tulisan ini setelah pesan barang, tp untungnya saya pakai metoda cod, pesan tanggal 5 Mei dan hari ini dapat pesan barang intransit, mudah2an gak keburu lupa saya klo beli barang disitu.

Tinggalkan Balasan

