Pengalaman Berbelanja di Mataharimall.com

matahari

Belanja secara online melalui e-commerce memang tengah gandrung di masyarakat Indonesia. Dalam satu dekade terakhir, berbagai macam toko online terus bermunculan, salah satu yang paling mutakhir dan ngehits adalah mataharimall.com.

E-commerce besutan Lippo Group tersebut cukup menonjol karena mendapatkan suntikan dana yang sangat besar, belum lagi dengan bekingan salah satu konglomerat terkaya di Indonesia membuat e-commerce ini digadang-gadang menjadi toko online yang cukup prospektif.

Namun, bagi saya yang berperan sebagai user atau konsumen, seringkali tidak peduli dengan urusan dapur sebuah e-commerce, yang penting bagaimana bisa berbelanja dengan nyaman, hemat dan tanpa ribet.

Sebagai salah seorang online shopper yang cukup aktif, saya sudah menjajal berbagai e-commerce yang berkembang di Indonesia, mulai dari blibli.com, lazada.com, zalora.com, elevenia.com, dan berbagai e-commerce serta marketplace lainnya.

Nah, tak bisa dipungkiri, diskon atau voucher potongan harga merupakan godaan yang sangat menggiurkan bagi para penggemar belanja online, termasuk saya. Saat baru soft launching mataharimall.com, dengan serta merta saya langsung daftar newsletter, dengan harapan bisa mendapatkan voucher diskon.

Setelah melakukan konfirmasi email, akhirnya saya memang diganjar oleh voucher diskon sebesar Rp50.000, ya lumayanlah bisa dipake buat beli kaos satu potong. Namun, entah kenapa saat itu saya tak langsung menggunakannya, mungkin karena memang belum kepingin belanja.

Sampai akhirnya, Rabu (9/9/2015) saya pun tergiur untuk berbelanja dan menggunakan voucher diskon yang sudah saya miliki, apalagi pada September ini mataharimall.com sedang obral potongan harga besar-besaran.

Di sisi lain, saya sebenarnya memang sangat hobi berbelanja di Matahari Departement Store, karena selain harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan departement store lainnya, produk-produk Matahari mayoritas merupakan buatan dalam negeri, dengan kualitas yang tak kalah dengan produk impor.

Oh ya, saya masih ingat waktu pertama kali mencoba e-commerce mataharimall.com versi beta, saat itu tampilannya sudah cukup menarik, hanya saja kategorisasi produk masih amburadul. Hanya ada beberapa kategori besar, misalnya fashion dan elektronik, sehingga ketika saya ingin mencari rok perempuan, saya harus memilah dari tumpukan produk yang masuk kategori fashion, padahal di sana akan tercampur dari pakaian pria, wanita, anak-anak, atasan, bawahan, outerwear, dll. Pokoknya bikin ribet, karena itu akhirnya saya urung berbelanja.

Kategorisasi Produk

kategoriKemudian, pada kesempatan kedua atau ketiga saya mengunjungi lagi mataharimall.com, saya melihat kategorisasi produk sudah mulai rapi. Misalnya, untuk kategori produk fashion sudah dipecah lagi menjadi fashion pria, fashion wanita, dll. Juga ada subkategori tambahan untuk setiap kategori, misalnya atasan wanita, bawahan wanita, dll, dan dipecah lagi hingga detail item produk, seperti rok, celana, dsb.

Dari situ, saya lumayan terbantu karena tidak perlu membuka satu-persatu halaman katalog produk fashion demi menemukan sebuah produk rok yang saya inginkan. Hal ini sangat berguna bagi orang-orang yang ingin berbelanja, tetapi belum tahu ingin membeli produk apa.

Search & Filter Produk

filterKalau konsumen sudah tahu ingin berbelanja produk apa, fitur search tentu menjadi andalan. Cukup dengan mengetikkan brand produk, atau jenis produk yang diinginkan, maka semua produk yang sesuai dengan pilihan akan ditampilkan.

Saya pun penasaran dan mencoba fitur tersebut, dengan mengetikkan nama brand yang saya suka, yakni NEVADA, saya pun mencari brand tersebut dalam kategori fashion wanita.

Hasil pencarian pertama sesuai dengan ekspektasi, semua produk terkait dimunculkan, mulai dari pakaian, sepatu, hingga celana dalam. Karena hasil pencarian masih terlalu luas, akhirnya saya menggunakan filter harga yang disediakan. Saat itu, saya set untuk mencari produk dengan harga pada kisaran Rp50.000-Rp200.000. Kemudian, saya pun urutkan tampilan produk mulai dari harga terendah hingga harga tertinggi.

Akhirnya, muncul juga pilihan-pilihan produk sesuai dengan filter yang saya pilih. Karena tidak ada yang menarik di halaman pertama, saya pun membuka halaman kedua. Saat itu, entah kenapa yang muncul di halaman kedua persis seperti tampilan hasil pencarian ketika saya belum menggunakan filter harga.

Saya coba refresh halaman, kemudian mengeset kembali mode pencarian dan filter produk, hal yang sama pun terjadi berulang kali. Hingga saya pun menyerah dan tidak meneruskan untuk mencari produk dengan mode filter harga seperti itu.

Tampilan Produk

tampilanDengan berbelanja online, konsumen sebenarnya kehilangan satu pengalaman untuk menyentuh dan mencoba secara langsung produk yang akan dibelinya. Sebagai kompensasi dari hilang satu pengalaman itu, konsumen disuguhi oleh foto-foto produk.

Dari foto produk tersebutlah, satu-satunya hal yang bisa membuat konsumen meyakinkan diri sendiri untuk memasukan sebuah produk ke dalam keranjang.
Foto produk yang bagus dan rapi, tentu akan membuat konsumen terjerat hatinya.

Untuk e-commerce ‘besar’ hal itu tentunya tidak boleh luput dari perhatian. Sayangnya, mataharimall.com tampaknya belum berbenah lebih jauh tentang hal itu. Buktinya, saya masih menemukan beberapa foto produk yang cenderung asal-asalan. Entah karena modelnya yang kurang menarik, menata produk yang kurang rapi di manekin, hingga proses editing penghilangan background yang sama sekali tidak rapi

Jujur, dari situ ekspektasi saya terhadap mataharimall.com langsung menguap, karena saya termasuk orang yang sangat peduli terhadap tampilan di semua situs e-commerce.

SKU Produk

skuSelain foto produknya yang masih kurang maksimal, hal lainnya yang membuat saya jadi ilfeel adalah urusan SKU produk, atau apalah namanya, yang pasti ilustrasinya begini: Untuk satu produk yang sama, dengan warna yang berbeda, mataharimall.com menampilkannya dalam dua item yang berbeda. Misalnya, saya sedang mencari kaus panjang NEVADA seri B, di sana akan muncul lima produk yang sama dengan warna yang berbeda.

Menurut hemat saya, bukankah sebaiknya ditampilkan satu produk saja, kemudian diberi keterangan warna apa saja yang tersedia? Ini lebih sederhana dan lebih mudah, sehingga untuk melihat produk yang sama dengan warna yang berbeda tidak perlu repot-repot membuka tab yang berbeda.

Selain itu, entah kenapa saya juga tidak bisa memilih jumlah item yang dipilih lebih dari 1. Opsi yang ditampilkan memang hanya ada angka 1, tak ada angka 2, 3, 4 atau 5. Apakah memang setiap pembeli dibatasi hanya membeli maksimal satu produk untuk setiap satu jenis produk?

Pembayaran

konfirmBaiklah, akhirnya saya berdamai dan dengan telaten mulai mencari beberapa produk yang saya inginkan secara manual, dan memasukkannya ke dalam shopping cart satu per satu. Sekarang saatnya check out dan membayar barang yang ingin saya beli.

Oh ya, yang paling suka dari mataharimall.com ini adalah adanya pilihan cicilan 0% selama 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan untuk setiap produk dengan kartu kredit mandiri.
Yang bikin sebel muncul lagi di tahap ini. Sebelum saya memilih metode pembayaran, saya mencoba untuk memasukan dua kode voucher yang saya punya, tetapi beberapa kali saya coba kupon voucher tersebut tidak ‘terdeteksi’, sehingga saya tidak mendapatkan potongan harga. *di sini saya merasa sedih*

Ah tapi, karena saat itu saya berbelanja kurang dari Rp200.000, ya sudahlah saya relakan kupon diskon itu, dan saya putuskan untuk memilih metode pembayaran secara bank transfer. Ada beberapa pilihan tujuan rekening pembayaran, yaitu BCA, CIMB Niaga, BRI, BNI, Nobu Bank, dan Mandiri.

Saya pilih untuk mentransfer pembayaran melalui bank Mandiri. Semuanya saya lakukan dengan lancar melalui aplikasi M-Banking yang sudah terpasang di handphone saya.

Oow… setelah transfer pembayaran, ternyata konsumen harus melakukan konfirmasi secara manual, bahkan dengan harus mengunggah bukti transfer. Bukankah ini merepotkan? Mana pula verifikasi pembayaran membutuhkan waktu berjam-jam. Ini dia yang bikin saya langsung memberi mataharimall.com nilai di bawah 5 untuk user experience selama berbelanja.

Bukankah itu sebuah kemunduran e-commerce? (*ini ngutip komentar @khutyy di twitter). Kenapa harus ada konfirmasi pembayaran secara manual? Ini jelas-jelas merepotkan. Kenapa tidak menggunakan kode unik yang bisa ditambahkan pada nominal pembayaran, sehingga sistem bisa langsung mengenali pembayaran untuk setiap pemesanan?

Tapi enggak tahu juga sih kenapa masih bisa begitu, padahal di e-commerce lainnya saya tidak pernah merasa harus melakukan konfirmasi pembayaran secara manua. Atau, mungkin biasanya saya membayar pakai kartu kredit ya?

Entahlah, yang pasti saya sudah menyelesaikan proses belanja saya di mataharimall.com saat itu. Selanjutnya adalah melihat bagaimana pesanan saya akan dikemas dan diantar ke alamat? Apakah akan memakan waktu lama atau cepat? Apakah akan dikemas apik dan rapi? Mari kita lihat kelanjutanya dalam beberapa hari ke depan….

Kalau misalnya pelayanan terakhir juga masih kurang memuaskan, tampaknya lebih baik saya memang berusaha lebih keras untuk berbelanja, dengan mendatangi langsung toko Matahari Departement Store terdekat. Hiks.

Sudah ada lanjutan tulisan ini nih di sini https://nurannisaa7.wordpress.com/2015/09/21/belanjaan-dari-mataharimall-com-datang-juga/

79 komentar

  1. […] selanjutnya: Pengalaman Berbelanja di Mataharimall.com […]

  2. Baru tau klo ada online d mh mbk nenden

  3. saya udah lihat-lihat produk dan harganya.. dan langsung ngences pengen beli. hahahahaha

  4. gimana mba dengan kelanjutannya? aku mau beli handphone deh disitu, tapi masih kurang yakin karena reviewnya yang agak jelek.

    1. Sampe sekarang barangnya belum sampe, dan baru saja ditelpon sama call center mataharimall.com konfirmasi kalau ada barang yang kosong dan ga bisa dikirim. terus mereka bilang mau ada pengembalian dana. dan barangnya baru mau dikirim dalam jangka waktu 4-7 hari ke depan😦

      1. Yah, sobat nulis artikle ini tanggal 10 September, sampai 17 September belum nyampai?? Emang sobat tinggal di mana? (maksud saya bukan desa terpencil yang susah transportasinya kan?)

        Mau minta ijin share pengalaman Anda di salah satu blog saya. Cuma cerita itu belum tuntas ya, bagaimana kelanjutannya? Apakah sekarang sudah diterima? Bagaimana kemasan/packingnya dll?

        Artikel yang amazing…..

        1. Hahaha, saya tinggal di Jakarta Pusat. Baru tadi pagi (18/9/2015) saya dapat SMS konfirmasi kalau barang baru mau dikirim hari ini. Gak tau deh, seminggu kemaren mereka ngapain aja sampe barang saya ga dikirim-kirim.
          Silakan Om, boleh dishare… nanti saya lanjutkan lagi kalau sudah ada kejelasan barang saya di tangan😀

      2. Haduh… jangan2 nanti alasannya karena Jakarta macet, sambungan telepun crodit… untung saja saat ini Jakarta sedang nggak banjir… kalau banjir, kasihan kan kalau air bah dijadikan kambing hitam, hwekekeke….
        Oke, nanti saya bikin resume untuk artikel berdasar artikel ini.
        Terima kasih…..

        1. Hahaha. iya sih, tapi ya sudahlah. Mungkin mataharimall.com juga masih bingung, maklum newbie.😀

      3. Terima kasih sudah saya share di blog saya simomotdotcom….

  5. kl verifikasinya lama gak sist ? brp lama verifikasinya ? ktnya sih max 1 x 24 jam

    1. kemarin sih waktu saya pesan, sekitar 3-4 jam an. bayar sore, malam baru datang email konfirmasinya.

      1. kalau boleh tau MH ini gak penipuan kan

  6. Aku uda transfer 3 hari lalu…sampe skrg blom dpt konfirmasi brg nya. Konfirmasi pembayaran secara manual sungguh merepotkan !! Di telpon CS nya sibuk terus,,pulsa terpotong terus tiap kali tlpon. Mataharimall.com mengecewakan !

    1. Tapi sudah dapat email konfirmasi pembayarannya kan? Status di dashboard mataharimall.com-nya apa? Pending Shipment? Kalo iya. berarti sama. Mungkin harus nunggu seminggu baru dihubungi CS-nya. hehe

    2. Wah ini barusan saya diinbox pihak MatahariMall. Dia tanya soal transferan/nomer orderannya. Om Hadi Wenas orangnya, linknya di sini: https://www.facebook.com/hadi.wenas

      1. iya, kebetulan saya juga kerja di media kok, kemaren sempat interview juga sih ke tim mataharimall.com.🙂

        1. Ohw… di media apa Mbak? Saya sudah lama pensiun dari media mainstream… sekarang enakan jadi blogger sambil bedagang hehehe….

  7. waww,, menegerikan juga ya mataharimall, semoga kedepannya bisa lebih baik deh pelayanannya

    1. kayaknya bangkrut dah seterusnya, kedepannya ga berlanjut lagi binisnya, kecuali masih banyak kelainanan mental beli disitu

  8. aku transaksi kemarin sore, udh dpt konfirmasi pembayaran via email semalam, tp status dashboarnya masih Pending payment completion. kira2 pengirimannya bakalan ngaret gak ya??? hiks

    1. wah berarti itu sistemnya belum mengonfirmasi pembayaran, setelah itu masih pending shipmnet. hehe. tapi ya semoga bisa cepet sih, siapa tau udah terus diperbaiki pelayanannya🙂

      1. Kalo boleh tau punya mba pesenennya udh sampe belum? Punyaku sttus nya msih pending shipment. Gk tau kpn sampe nya..

        1. Haloo.. sampe sekarang belom kepegang barangnya, tapi kayanya udah sampe kantor Jumat (18/9/2015) *kebetulan alamat pengirimannya ke kantor.
          Semoga barangnya segera sampe ya… mungkin masih crowded, jadi harus banyak bersabar😐

  9. […] topic kita, yakni review plus minus belanja di mataharimall.com, maka setelah saya membaca artikel Pengalaman Berbelanja di Mataharimall.com yang ditulis kawan blogger Nenden SAN, naga-naganya saya harus berpikir ulang untuk menjajal […]

  10. Rara queenella · · Balas

    Ikut nimbrung ya mba.. Pgalaman prtama blnja di mm.com sngat memuaskan. Krn sya blnja snila 13.000 bisa COD dan free ongkir. Orderan ga smpe sminggu ud sampai. Bgus bgt playanan ini bgi sya.l, krn blja dg nominal yg sngat kcil tp tetep freeshippg dn cod. Orderan kdua dg nominal 21000 via bank tf per tgl 16sept kmrn, ud sya konfrmasi bkali2 tapi smp hri ini sttus ttep pending payment. Ini yg bkin sya brubah persepsi ttg playanan mm.com via tf. Trus, orderan yg ke 3: sya beli 3blazer dan 1rok merk connexion smuanya sharga 210.000an masih kpotong vcher 50.000. Jadilah total hrga CUMA 160.000an utk 3blazer dn 1rok, yg biasanya di mataharideptstore smua itu 700an ribu. Oreder ktiga COD, pesen tgl 17, kmrn tgl 19 ud proses pengirimn. Estimasi smp drmh sya bsk rabu (bljr dr pglaman order prtama). Jadi ksimpulannya. Blnja di mm.com lbih baik cod jika almt anda tjangkau cod. Serta barang2 di mm.com sama persis yg djual di m.deptstore, dg merk2 yg sama pula tp harganya lower di mm.com. sekian review dr sya.. Trimakash.. Salam kenal mba..

    1. haiii… makasih udah share pengalamannya. iya, kayanya emang lebih baik COD ya, selain karena lebih aman, juga kalo emang bisa lebih cepat. besok mari coba lagi belanja dengan sistem COD🙂

  11. Saya dibuat kecewa jg sm e-commerce ini. Jadi gara2 di tv iklannya jor joran, saya akhirnya tertarik unt membuka website MM. Saya cek katalognya sampai akhirnya saya bener2 ke pengen beli sepatu. Saya lgsg pilih sepatu yg saya pengen, checkout. Karena sy pake credit card, jd tdk perlu konfirmasi pembayaran. Sy lgsg dapat email konfirmasi ttg pesanan saya, dan status order: pending shipment. Dr situ saya bingung, ini mksdnga bagaimana karena di email tdk ada keterangan barang akan ttg kapan seller akan menampilkan resi. Saya tunggu beberapa hari tdk ada perubahan status pesanan, akhirnya sy coba hubungi Cs nya via twitter. Saya mention MM berkali2 tidak ditanggapi, saya mulai kesel. Akhirnya stelah mentionan ke sekian saya ditanggapi, mereka blg kalau pending shipment artinya barang sdg di proses oleh seller, diharap menunggu. Saya tunggu, akhirnya di hari ke 5, saya dapat email dari MM kalau pesanab saya dicancel oleh seller karena barang kosong. Dari situ saya kesal luar biasa. Bagaimana bisa barang kosong..pdhl saat saya memilih barang di katalog chart nya tdk ada apapun seperti barang terbatas. Sore hari nya Cs MM menelpon sy, mengkonfirmasi mengenai tercancel nya pesanan sy, lalu sy dimintai nomer rekening Untuk refund karena mereka tdk bisa mengembalikan via limit credit card. Dan saya di suruh menunggu 3 hari kerja Untuk proses refund. Saya tunggu hingga 3 hari tidak ada sms banking mengenai Dana transfer, saya cek atm, saldo masi tetap. Saya coba hub cs di twitter+fb+email, tidak ditanggapi. Yg lebih kaget, hari itu jg, ada petugas jne datang ke rumah saya mengantar paket. Paket tersebut ditujukan ke saya, dari matahari mall. Saya buka paketnya, ternyata itu adalah sepatu yang saya pesan yang kata mereka barangnya kosong. Saya kan jd bingung, kalo barang kosong kok mereka bisa kirim ke saya.. Saya memutuskan unt menghubungi cs nya dl, unt menanyakan hal ini, tetep saja nggak ditanggepin. Saya kesel luar biasa kecewa. Sampai akhirnya, sore hari saya dapat telp dr JNE kalo barang yang barusan diantar ke rumah saya, akan ditarik kembali, karena mereka baru dapat telp dr Jakarta. Saya benar2 kecewa dgn pelayanan MM. Barang yang saya pengen, saya beli, sudah saya bayar, sudah ada ditangan saya, mau ditarik kembali.
    Semoga bisa menjadi referensi dan pikir2 lg kl mau order di MM.

    1. Hi mba, makasih banget udah share pengalamannya. iya, kayanya banyak yg punya pengalaman sama kaya gitu. mungkin emang masih crowded, sistem belom sempurna, dan pembelinya banyak, jadi semuanya serba kewalahan. semoga bisa lebih baik, dan semua konsumen bs terlayani dg baik.

  12. tidak direkomendasikan untuk beli disini, super mengecewakan, siap2 duit anda meluncur entah kemana dan sulit dikembalikan iming2an promo setan

  13. […] dari Mataharimall.com sampai juga di tangan saya. Melanjutkan postingan sebelum ini terkait pengalaman berbelanja di Mataharimall.com, saya akan bercerita beberapa hal setelah proses konfirmasi pembayaran hingga pengiriman […]

  14. Wah ternyata sudah banyak yg mengalami kekecewaan dari mataharimall.com.
    saya baru saja complain karena barang yg saya pesan dari sabtu, masih pending transaction padahal seller nya adalah anak perusahaan dari group lippo ( books&beyond ) dan lokasi pengirimannya masih seputar tangerang yg notabene masih wilayah groupnya lippo.
    Saya kira sangat tidak professional kalau reason mereka krn banyaknya order namun secara system mereka belum siap, sebaiknya jangan effort promosi besar”an. Siap” untuk kecewa deh kl gini.

  15. Makasih gan udah mau berbagi pengalamannya, kalau ini pengalaman ane Gan, sekedar berbagi juga…

    http://www.nalhacker.com/2015/09/pengalaman-belanja-di-matahari-mall.html

  16. Maman Bintang · · Balas

    saya transaksi tgl 25 sep 2015 jam 17.30 pakai karu kredit. Saya sudah melewati tahap verification kartu kredit, entah kenapa tidak berlanjut ke tahap apapun. Saya tlp ke CS matahari dan CS tanya no P.O saya, padahal saya tidak dapat no P.O karena memang transaksi tidak berlanjut ke tahap apapun. Setelah CS mengecek lebih lanjut katanya orderan saya masih nyangkut karena ada masalah dengan Kartu kredit saya dan CS meminta saya menelepon Bank penerbit Kartu Kredit saya. Setelah saya telepon ke Bank yg bersangkutan saya sama sekali tidak ada masalah dengan kartu saya. Akhirnya saya kirim email ke matahari untuk kejelasan status order saya, karena kalau memang tidak bisa saya mau beralih ke OL Shop lain. Sampai saat ini belum ada reply atau tanggapan apapun. Sampai saat ini saya tidak mengerti kesalahan ada di pihak siapa.

    1. Walah, ternyata pake kartu kredit juga bermasalah ya..😦

  17. Fizhyanna · · Balas

    ikut share pengalaman belanja dimatahrimall.com

    saya daftar menjadi member di mataharimall.com mulai tanggal 10 september kemarin
    dan sudah melakukan transaksi pembelian sebanyak 3x (semua dengan Kartu Kredit).
    tiap kali order harga total diatas 200 ribu, dan selalu mendapatkan potongan 100 ribu tiap order
    karena saya menggunakan kupon poin telkomsel (*700*222#).

    Alahamdulillah orderan saya selalu sampai & hanya butuh waktu 3 sd 5 hari sampai rumah (pekalongan).

    #Sekarang masih menunggu orderan yang saya pesan per tanggal 27 september kemarin.
    semoga tidak ada kendala. Aamiin…

    1. Buktikan dengan nomor order jika anda membeli, saya sudah 3 x membeli dan 3 x dikecewakan, yg trakhir nmr order C144273347638 dimana dibatalkans sepihak karena barang kosong dan tidak dikasih kompensasi, dana ane dikembalikan lama sampai berulang2 ditelp baru dikembalikan dan juga dipotong Rp. 5000 tuh uang ane padahal bukan dikesalahan ane. Yang penting sekarang uang ane da balik walaupun mereka korupsi uang ane Rp. 5000, super tidak direkomendasikan beli disini

      1. fizhyanna · · Balas

        Ane share pengalaman belanja di mataharimall.com tidak ada maksud lain
        hanya ingin berbagi pengalaman real ane belanja disitus tersebut.

        Nih om data transaksi ane belanja di mataharimall.com per tanggal 01 oktober 2015.

        2015-10-01 11:36:52 C144367421272 Pending Shipment
        2015-09-29 15:31:58 C144351551848 Pending Shipment
        2015-09-27 14:33:08 C144333918825 Shipped
        2015-09-20 13:48:36 C144273189849 Delivered
        2015-09-15 17:30:27 C5634821351 Delivered
        2015-09-10 11:21:18 C5634812771 Delivered

        Ane belanja menggunakan kartu kredit dan tiap transaksi nilainya antara 210 sd 255 ribu (sengaja untuk memenuhi nilai minimum penggunaan poin tekom**l) kecuali transaksi C144351551848 yang harganya tidak lebih dari 50 ribu.

        Udah ane share tuh sesuai dengan request om, kalo si om masih belum percaya, kirim aja emailnya biar ntr ane screenshoot bukti transaksi ane.

        Salam.

        1. fizhyanna · ·

          update per tanggal 02 October 2015 16:00 wib

          2015-10-01 11:36:52 C144367421272 Pending Shipment
          2015-09-29 15:31:58 C144351551848 Shipped
          2015-09-27 14:33:08 C144333918825 Delivered (barang kemarin sore tgl 01 October 2015 16:30 wib sampe rumah)
          2015-09-20 13:48:36 C144273189849 Delivered
          2015-09-15 17:30:27 C5634821351 Delivered
          2015-09-10 11:21:18 C5634812771 Delivered

          Terimakasih

    2. mba, saya juga customer yang membelu barang pakai kartu kredit dengan cicilan 0% selama 12 bulan, bagi info dong untuk pembayaran via kartu kredit memang full dibayar di awal atau gimana mba? soalnya tagihan kartu kredit saya full payment.
      jadi saya ga ngerti sistem mereka itu gimana, bilangnya bisa dicicil selama 12 bulan, tapi ditagihan saya full payment. mohon berbagini informasinya, terima kasih

      1. fizhyanna · · Balas

        setahu saya nilai transaksi yang kurang dari 1 juta emang tidak bisa menggunakan fasilitas cicilan 0% mbak (mohon koreksinya kalau salah).

        Karena nilai transaksi saya selalu kurang dari 200 ribu, jadi saya tidak bisa menggunakan fasilitas cicilan 0%. (kartu kredit mandiri yang saya gunakan mbak)

        1. Oh gitu ya, kemarin sih dapat cerita dari temen juga. Dia udah dua kali transaksi di MM menggunakan credit card, dan ternyata lancar. Bahkan dia belanja kurang dari Rp100.000 juga bisa menggunakan fasilitas cicilan.

  18. saya sarankan jangan pakai cicilan mba, saya kena imbasnya, katanya cicilan bisa sampai 12 bulan, ternyata di tagihan kartu kredit saya full payment, email, facebook, telepon CS tetep aja ga ada jawaban yang bikin hati tenang, jawabannya cuma “akan diverivikasi ke bagian finance” diminta nomer telepon agar bisa dihubungi, tapi sampai sekarang belum juga dihubungi.

    1. Waduh, kok bisa kaya gitu ya? Saya padahal baru mau coba pake credit card.😦

  19. Iya nih aku sampe skrg brg nya blom sampe2. Belanja tgl 16 sept. Skrg uda 1 okt. Di telpon sibuk terus, klo ud nyambung eh putus lg tlpon nya. Live chat tunggu antri an sampe 81 orang ! Pelayan mataharimall BURUKKK ! Saya kecewa brg ga seberapa ga d kirim ya ud lah.

    1. Omaygad… ini mah lama banget, sampe beda bulan.😦

  20. Numpang nimbrung mbak.
    Share pengalam jg di MM, mgkin klo saya memang tak mengutamakan kecepatan untuk pengiriman krna tau lokasi memang terpencil maka dari itu saya utamakan
    1.keamanan brg (MM merupakan nama besar yg dapat dipercaya)
    2.ongkir (yg saat skrg masih gratis kewilayah saya)
    3.harga yg murah tentunya
    Dari situlah saya memutuskan beli brg yaitu tv led LG 42inc dimana perbandingan hrg diwilayah saya selisih 1jt yg membuat saya tergiur. Setelah melakukan pembayaran dan menunggu verivikasi yg dapat dipantau melalui email bukan akun id MM. Stlah nunggu 2×24 barulah saya mendapat email pembayaran telah diterima (termasuk lambat verivikasinya). Dan sabar menunggu dihari ke 4 saya dapat email barang telah dikirim dan jg diberi nomor resi disini agak sedikit lega.
    Barang sampe dihitung dari saya melakukan pembayaran 10 hari.
    Kondisi barang bagus dan sesuai harapan, packing sangat aman karna dikasih kayu pelindung. Terimakasih MM.

    Kekurangan yg saya rasakan di MM
    1.pelayanan kurang cepat dan keluhan yg disampaikan lewat email tidak ditanggapi.
    2.disitus nya blom terdapat withlist barang favorit kita.
    3.lebih bagus lagi kalau ada kolom CHAT onlinenya.

    1. Untuk live chat sebenarnya sudah ada, tapi tetep harus antre sebelum ditanggapi admin.

  21. saya juga punya penagalaman buruk pertama kali belanja disini…saya udah order barangnya satu bulan yang lalu,awal2 saya transfer duit sih setelah saya konfirmasi pembayaran trs saya dapat email,katanya pembayaran telah diterima..dan dengan sabar saya menanti sampe seminggu..karna pengalaman saya belanja online ditempat lain biasanya waktu paling lama cuma seminggu..nah saya jadi penasaran,saya cek deh email sm status order..katanya pending shipment,y udah saya telpon csnya..trs katanya msh dlm proses pengiriman n saya minta no resinya..dan apa yang terjadi pada saat saya cek no resinya??produk tidak ditemukan!!kampret!!saya telpon balik deh csnya,ktny ada kesalahan di marketingnya..dimohon menunggu sampai 14 hari kerja..kalau barang tetap belum sampai silahkan konfirmasi kembali utk refund uang saya..tapi udah sebulan saya tunggu ttp pesanan saya ga nyampe..berarti saya memang kena tipu..duitnya lumayan juga,Rp 1.450.000..tapi yasudahlah kalo emang ttp ga ada juga tanggapan dari mataharimall saya berusaha untuk mengikhlaskannya..satu aja doa saya,semoga duit yang dimakan sama mataharimall menjadi berkah untuk keluarga beserta perusahaannya..semoga saja dengan uang saya itu mataharimall bisa semakin sukses kedepannya..amiin yarobbal’alamin

  22. Ayi Rohmayati · · Balas

    sama halnya seperti saya.. pesanan saya sudah seminggu lebih belum nyampe juga.. tau deh pada kemana dulu.. pada liburan dulu kali ke bali..ahaaahaa
    dan yg harus kalian tau juga pengalaman saya untuk bisa melakukan order di mataharimall.com tersebut perlu waktu seharian dan kesabaran yang sangat tinggi..
    #website error dan amburadul😦

  23. christina aprina · · Balas

    ikutan nimbrung ya. Waktu lihat iklannya mm & penawaran yang menggiurkan, ini kali pertama sy blanja online di MM. Selain ada barang yg memang sy butuhkan, melihat harga yg lmyn terjangkau juga free ongkir & pakai voucer 100.000 dari tukar poin telkomsel, makin membulatkan tekad sy tuk belanja di MM. proses pun berjalan wajar seperti belanja online kabanyakan, dari pilih barang, masukkan kekeranjang belanja, lakukan pembayaran (waktu itu sy pembayaran via transfer atm). disini sy msh dpt email pemberitahuan untuk melakukan pembayaran atas barang yg sy pesan. lanjut konfirmasi pemayaran & sy dapat email kalau konfirmasi pembayarannya sukses tgl 12 october 2015 jam 1:49 pm. selanjutnya tak terduga masih ditanggal yg sama jam 11:33pm sy dpt email klo pesanan sy tdk bisa diproses karna out of stock, jadi dari pihak supplier yg tidak bisa mengirimkan barang. tapi anehnya di web MM barang yg sy pesan msh terpampang nyata. sy tanya mengenai hal tersebut & pihak cs MM mengatakan kalau pesanan tdk dpt diproses & akan dilakukan pengembalian dana atau refund. cs meminta data untuk proses refund seperti nama, no rek, nama bank. mereka bilang sy tdk perlu mengisi formulir pengembalian barang. tapi sy lihat di dashboard user juga memang tidak ada menu untuk mengisi formulir pengembalian barang. dari pihak MM menyatakan bahwa proses refund akan berlangsung sekitar 3 hari kerja sampai tgl 19 october. namun pada tgl tsb sy tanyakan kembali mengenai dana refund, pihak MM menyatakan bahwa refund sudah diproses. mereka meminta sy untuk cetak mutasi rekening. tapi ketika sy minta bukti transfer refund MM mereka minta waktu lagi & sy cek di mesin atm dana refund tersebut tdk ada, sampai sekarang sy msh menunggu konfirmasi dari mereka..

  24. endah dewi a · · Balas

    saya beberapa kali belanja dimataharimall.com. dan beberapa kali juga kecewa. Memang harga barang kalau lagi promo bikin ngiler tapi kalau tidak diimbangi dengan layanan yang baik apa gunanya kan. Saya domisili di bandung. Terakhir pesan tgl 1 oktober baru dikirim tgl 16 oktober. Bukan sekali saya komplain ke CS via chat dan twitter menanyakan orderan saya. Jawaban mereka adalah diluar jabodetabek max 14 hari kerja, sabtu minggu tidak dihitung. Jadi dengan kata lain untuk diluar jabodetabek estimasi pengiriman adalah max 18 hari kalender. woww….rekor yang fantastis kan.

    Sepertinya memang matahari mall masih tertatih untuk layanan server dan logistik dan gudang dan entah apa lagi. disamping itu kadang seperti tidak ada komunikasi antar internal mereka sendiri

  25. mas dimas · · Balas

    ikut nimbrung nggeh mas mba ,
    q dan 3 kawanku dari kediri madiun pare, udah 4x transaksi di MM ini , dan barangnya udah mendarat tepat dirumah qt, dan semuanya menggunakan kupon Rp. 100.000 u/ min. order 200.000 ,
    temen2 yang pake kupon dari aq , juga belum pernah komplain ke MM ,
    karena pengiriman 2-3 hari tepat , pesanan sesuai , free ongkir .
    stok kode kupon juga masih 20an kode di aq mba , mas .
    info lebih jelasnya bisa pm via bbm 51FA38BB
    salam

    dims

  26. kalo beli elektronik kaya rice cooker aman gk ya d matahari mall

  27. Ikut komen ya, saya juga dah sering belanja di MM , tergiur karena free ongkir dan bisa pake voucer tukar poin telkomsel, alhamdulillah semua barang nyampe 2-3 hari, posisi saya di aceh, pengen belanja lg kupon nya habis hehehe….

  28. Assalamualaikum.ikut numbrung walopun telat.setahu saya pending shipment itu nunggu barang diproses dan dikirim dr seller/gudang mm.com maximal 2x24jm.jika lbh dr itu pihak seller kena penalti/denda. Apalagi kalo barang masih di display ketrangan stock ready tp stock di sellernya kosong,nanti sellernya juga kena penalti/denda potongan dana 100rb yg dibayarkan pd saat dftar atw buka lapak/merchant di mm.com begitu pula di blibli.com kena denda juga

  29. Weleh udah komentar ke 53 nih.. telat ga pa2 deh.
    hari ini coba beli ban untuk Blazer saya dengan total harga hampir 3,5 juta dan bisa menggunakan diskon kupon dari telkomsel sebesar 100ribu (lumayan). Besok mau transfer mudah-mudahan lancar jaya nih MM.
    http://www.indoblazer.com/2015/11/mengenal-apa-itu-yellow-box-junction-pada-traffic-light.html

  30. status pesanan saya masih pending shipment nih, padahal pengen cepet-cepet dapet barangnya.. ecommerce saingannya lebih cepet proses pesanannya…

  31. Hai gan ,

    ane cuma mau menambahkan kalo gan/sist sudah berbelanja dan transfer uang ke nomor rek mataharimallcom pastikan nomor order belanjaan agan di isi di kolom BERITA biasa nya internet/sms/mobile banking . sedangkan kalo agan transfer lewat ATM pastikan bukti transfer di upload pas waktu verifikasi payment . jangan lupa juga waktu mengisi form verifikasi payment , nama pengirim uang transfer di isi , pastikan nama pengirim transfer bukan nama pemesan barang ( jika sama ya samakan ) . dijamin verifikasi akan berjalan cepat dan status pemesanan akan Pending Shipment yang artinya barang agan sudah dalam proses pengiriman / operasional matahari .

    1. Halo..sy br aja mengalami kejadian tdk enak dgn mataharimall.com. Belanja onlen beli iphone 6S plus, dikirim via jne. Begitu dtg pas d coba telp suara yg terdengar kecil sekali, billa d coba d luar ruangan bakal tdk terdengar. Kontek CS, d jawab garansi intl silakan d urus sendiri…waduh. Analoginya berarti beli kucing dlm karung.. Beli barang cacat/rijek d jual harga baru. Yg jelas sy msh perjuangkan setidaknya retur dan uang kembali
      Entah sy hrs gmana lagi..

      1. Maaf numpang nanya, saya sudah pesen barang dan sudah di verifikaai pembayarannya, dan di riwayat pembelian tulisannya”Pesanan sedang dikirimkan” Tapi stelah 1 hari kedepan,knapa di riwayat pembelian muncul tulisan “Tidak Tersesdia”? Apakah barangnya yg habis, atau aplikasi mataharimall.com saya yg error?
        Mohon bantuannya

        1. hi, bisa jadi barangnya memang habis. sebaiknya langsung konfirmasi saja lewat customer care-nya.

        2. Kebetulan pas saya nlpon customer nya, dia periksa barang dan diahlihkan teleponnya, setelah itu tlponnya mati gara2 kehabisan pulsa.

        3. Sudah cek di email ? di dalamnya ada diberikan no resi pengiriman.
          Soalnya saya juga baru nyoba order di MM. Kemudian saya cek ke aplikasi lihat riwayat pembelian terlihat “tidak tersedia”. Karena mungkin sebelumnya waktu saya order tidak login dgn akun sendiri melainkan pake akun tamu.

        4. No pesanan toko yah? S1453******* yg kayak gitu?
          Aku pakek akun sendiri masalahnya, itu yg aku bingung.

  32. Annisa adilia · · Balas

    Saya jg kecewa dgn pengalaman belanja di mataharimall.com. Promo semua bisa di cicil 0% itu bohong. Padahal di web nya tertera menu pembayaran cicilan anz 0% 3,6,12 bulan. Nyata nya di tagihan saya ngga berubah.tlp customer service mataharimall.com utk komplain tp komplain cuman di terima ngga ada tindak lanjut, akhirnya sy tlp call center anz dan ternyata memang tdk ada kerjasama utk promo cicilan 0%. Kecewa banget,padahal barang yg saya beli ga murah. Saya udah langganan belanja di online shopping. Baru kali ini ada yg seperti ini,tipu2 utk menarik pembeli.

  33. Saya sependapat dengan beberapa komentar rekan2, yaitu untuk Hati-hati belanja online di Mataharimall.
    1. Pada tahap memesan hingga pembayaran, respon Mataharimall sangat cepat; namun setelah itu — jika ada permasalahan kita dan pertanyaan kita (per telepon dan email) sangat lambat direspon.
    2. Pengalaman beli Camera Kogan 18 MPixel dari Mataharimall Desember 2015
    a. Kualitas foto (ketajaman dan warna) masih kalah dibanding camera lain/lama yg hanya 12 MPixel
    b. Tidak ada kartu garansi. Tidak tahu tempat service atau konsultasi jika ada maslah.
    c. Lensa camera tidak dilengkapi dengan penutup (kaca/lainnya) ketika camera OFF, sehingga riskan mengalami kerusakan/cacat.
    d. Memori internalnya hampir tidak ada: hanya 1 x foto 5 MPixel — memori sudah habis

    Demikian pengalaman kami.

  34. Tks matahari mall spreinya udh smp cm 2 hari loh barang smp.

  35. Ternyata bukan saya aja yang mengalami masalah berbelanja online di MatahariMall(MM). Saya juga ingin share kepada teman-teman.

    Saya melakukan pembelian barang hari sabtu 13 Februari 2016. Saya melakukan pembayaran dengan CC. Kurang dari 1 jam, saya baru sadar ada kekeliruan barang yang saya beli. Akhirnya mencoba kontak ke support agent MM. Saya infokan bahwa saya ingin mengganti/menukar barang (jenis,harga) sama beda tipe/versi saja. Tetapi dikatakan oleh SA bahwa barang telah di siap untuk dikirimkan sehingga proses untuk pergantian tidak bisa. Tidak lama kemudian saya mendapatkan resi pengiriman melalui email.

    Jujur baru kali ini melakukan pembelian barang, direspon dengan cepat. Tetapi saya baru sadar, Senin 15 Februari 2016, saat mengecek no.resi pengiriman barang, ternyata barang telah tiba alias salah alamat.

    Yang saya heran, jelas-jelas alamat pengiriman tersebut adalah diluar Jakarta(luar pulau) kok bisa dikirim ke daerah Jakarta.

    Jujur baru pertama kali ini saya melakuan pembelian online dan terjadi di MatahariMall.com dan hal ini terjadi pada onlineshop besar sekelas MM.

    Saat ini saya juga telah menggontak SA, untuk memastikan barang akan dikirim ke alamat saya. Akan saya update info ini jika barang telah tiba.

    1. Ya ampuuun.. kok bisa sampai salah alamat begitu.. semoga barangnya bisa segera sampai ke alamat tujuan yang benar

  36. di mm.com bisa cod buat provinsi jateng ga?

  37. di mm.com bisa cod buat luar pulau ga?

  38. gimana nih mau langsung hubungin cs nya susah banget.. mau keedit kayanya bisa yp gada respon payahh

    1. emang mba, super slow respond. huhu

  39. Maaf mau tanya mbaa..
    klo status orderanku kok berubah mnjdi Ready For Colection dari status menunggu pengiriman maksudnya gmn ya mbaa???
    trims.

  40. Mba gimana cara dpetin vocr diskon 50000? sy baru buat email MM, bahkan sy uda blanja di MM. Tp sy g ada dpt vocr?? Tlg di jelaskan cara nya ya mba.. Dn gimana cara komfirmasi email. Tx 😊

  41. Sekedar Sharing,😦 Pesanan saya sudah 2 minggu statusnya tidak berubah. “Pending Shipment”. di hari ke 14 dapat email kalau mereka akan komunikasikan ke seller untuk dipercepat. Harusnya di komunikasikan beberapa hari sebelumnya. bukannya pada saat batas akhir waktu pengiriman.

  42. suanda · · Balas

    statusnya senasib dengan temen2 yang lain, berbekal informasi dan promosi akhirnya saya kepincut belanja di MM,,alhasil sudah hampir 10 hari, sampai saya posting ini belum juga ada kabar pengiriman. status di WEB nya MM masih “PENDING SHIPMENT” tanya ke CS: jawabanya sama dengan beberapa hari lalu ” sedang proses pnejemputan seller, tunggu antrian, dan harus menunggu sampai batas waktu yang desepakati 4- 14 hari.
    heh..yang ada cuma kecewa, kesal,,,MM ga jelas, pengirimanya.
    sedangkan pengalaman saya belanja di e-com lain ( dengan seller jakart minta kirim ke sukabumi cuma 3 hari).
    Aneh dengan matahari mall ini,,,benar benar tidak ada kepastian pengiriman

  43. kecewa sekali berjualan di MM, karena kesalahan customer akan tetapi kerugian ditanggung supplier. MM tdk netral dalam menanggapi keluhan customer. barang boleh dikembalikan dengan alasan customer tdk membaca deskripsi produk/change of heart (kesalahan customer). kalau begitu bgmn jika customer hanya ingin mencoba2 produk saja lalu diretur?

Tinggalkan Balasan

