Supaya Kenangan Masa Lalu Tak Bangkit dari Kubur

move-on

Buat kamu-kamu (termasuk saya) yang kesusahan dan gak bisa (gak mau) MOVE ON, kayanya hampir bisa dipastikan kalau galau jadi makanan sehari-hari, iya kan? Konon, orang-orang yang kesusahan move on itu bukan karena enggak bisa, tapi karena enggak mau (?).

Entah kenapa kenangan masa lalu selalu saja punya cara untuk menyelinap dan kembali muncul di hadapan kita, padahal tak sedetik pun secara sengaja untuk mengingat-ngingat hal itu (kecuali yang memang masih hobi stalking dan kepo, sih).

Sebenarnya enggak ada masalah kalau kita punya kenangan masa lalu yang indah, yang selalu bisa menginspirasi dan membuat kita semangat untuk menjalani hidup ini.

Namun, yang jadi masalah adalah ketika kenangan yang selalu muncul adalah masa lalu yang tidak enak, pahit dan getir, yang selalu membuat kita ngerasa nyesel dan bersalah.

Nah, kalau itu udah barang tentu harus segera dikubur dengan baik dan benar supaya kita tidak terus terbayang-bayang dan malah melemahkan benteng pertahanan kita.

Supaya si kenangan buruk (atau kenangan apa pun yang dirasa pantas untuk dilupakan) tidak bangkit dari kubur, saya punya beberapa langkah yang diambil dari pengalaman pribadi dan yang saya sarikan dari buku berjudul Refresh Your Iman (Jasmine Asyahida):

Niat dan Tekad yang Bulat

Pertama kali, kita harus benar-benar berniat untuk berubah dan meninggalkan masa lalu yang tidak memberi manfaat untuk masa depan. Niat yang bulat akan membantu untuk fokus dan melakukan semua hal sebagai usaha untuk move on.

Seperti yang dibilang di atas, kebanyakan dari kita kesulitan keluar dari masa lalu bukan karena tidak bisa, tapi karena tidak mau. Kalau tidak mau move on, ya bagaimana bisa move on? Jadi kalau sekadar omong-omong tapi tidak diniati, maka semua usaha untuk mengangkat kita dari isapan masa lalu cuma sia-sia.

Ambil Hikmahnya

Seorang manusia yang bijak adalah mereka yang bisa belajar dan bisa mengambil hikmah dari masa lalunya. Mereka bukanlah orang yang cengeng yang menghabiskan waktu untuk menangis menyesali masa lalu. Apa gunanya penyesalan tanpa adanya sikap untuk memperbaiki penyesalan tersebut dan tidak belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan.

Don’t Look Back

Jangan melihat ke belakang, itu adalah cara terampuh untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Jika kita benar-benar ingin keluar dari masa lalu, jalan terbaik yang harus dilakukan adalah dengan tidak kembali ke masa lalu tersebut, tidak mengingatnya dan tidak pula sengaja membuka masa lalu itu.

Anggap saja masa lalu itu sebagai lukisan di museum, lihatlah sesekali saja. Jangan terlalu sering dilihat, karena semakin sering melihatnya makan ketertarikan untuk memiliki lukisan tersebut akan semakin besar.

Lakukan Hal-hal Positif

Life must goes on. Hidup harus jalan terus. Jika terlalu sibuk memikirkan masa lalu, kemungkinan kita sendiri yang akan tergilas oleh masa lalu tersebut. Agar tidak terlalu sibuk memikirkan kenang-kenangan yang telah lalu, sebaiknya semakin memperbanyak kegiatan positif supaya pikiran kita teralihkan dan malah bisa lebih bermanfaat dan produktif.

Tobat

Beberapa ulama menyebutkan, salah satu jalan terbaik untuk melepas belenggu masa lalu adalah dengan cara bertobat. Dosa adalah hal buruk yang harus dihindari oleh manusia. Maka, sebisa mungkin seseorang harus terhindar dari dosa.

Jika terus membiarkan membiarkan masa lalu mengusik hidup kita saat ini, kita tidak akan pernah bisa memberikan yang terbaik untuk meraih masa depan yang baik. Jadi mari sama-sama berhenti menyiksa diri sendiri dengan masa lalu yang cuma bisa bikin galau tak berkesudahan. Berdirilah dan segera bangkit untuk perbaiki masa depan. GET A MOVE ON!

11 komentar

  1. tomikurniawan · · Balas

    serasa membaca detikhot😀

  2. Baca ini sambil ngemil nasi goreng pagi-pagi gini jadi kenyang maksimal😀

  3. Baca ini sambil makan nasi goreng pagi-pagi gini jadi kenyang maksimal😀

  4. sek to.. pindah sek to…

  5. sejuk banget baca tulisan ini saat saya lagi galau

  6. caranya tobat gimana y? hehe :p

    1. nanti ada bahasan berbeda soal ini :p

      1. siiip, ditunggu ulasannya..😀

  7. mantap mantap gan artikelnya, terus berkarya.🙂

  8. gak yakin…😐

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: