Musik Selain Asik Bisa Jadi Analgesik

anal.ge.sik [n Far] obat untuk meredakan rasa nyeri tanpa mengakibatkan hilangnya kesadaran

music

Without music, life would be a mistake. – Friedrich Nietzsche

Siapa sih yang sama sekali tidak pernah mendengarkan musik? Saya kira tidak ada, bahkan teman-teman tunarungu pun saya rasa tetap menikmati musik dengan cara mereka sendiri. Musik merupakan bahasa universal di muka bumi, hampir bisa dimengerti oleh setiap orang bahkan semua bidang ilmu juga bisa dikaitkan dengan musik, atau bahkan sebaliknya. Salah satunya dengan farmasi atau kedokteran, percaya enggak?

Sejak dulu saya percaya kalau musik bisa memengaruhi mood dan pikiran seseorang, musik juga bisa mencampur aduk perasaan. Misalnya nih, kalau saya sedang mendengarkan musikmusik mellow dan menghayatinya dengan sepenuh hati, bisa jadi perasaan yang awalnya datar bisa ikut mellow, atau ketika mendengarkan musik dengan tempo cepat biasanya saya jadi ikut bersemangat.

Karena itu, menurut saya musik asik itu merupakan musik yang bisa bikin perasaan senang. Sebagian besar playlist saya didominasi lagu-lagu rock, dari slowrock hingga hardrock, karena saya ingin memotivasi diri saya untuk lebih bersemangat dalam melalui hari-hari. Enggak asik juga kan kalau perasaan jadi mendung karena overdosis mendengarkan lagu mellow, meski demikian saya juga tetap mendengarkan lagu dengen genre seperti itu hanya saja porsinya sangat kecil.

fix-banner-1-200x300Nah, biasanya saya juga menggunakan musik untuk terapi diri sendiri, ketika sedang sedih saya biasanya memilih playlist lagu-lagu ceria, baik itu lagu dengan syair positif atau lagu bertempo cepat, dan untungnya selama ini hal itu berhasil untuk saya. Ya, musik yang asik bisa jadi analgesik, itu yang saya rasakan selama ini.

Ternyata apa yang saya rasakan itu ternyata benar-benar ada penelitiannya, saya juga baru tahu ketika menemukan beberapa referensi mengenai musik yang memang sudah dimanfaatkan untuk terapi kesehatan. WOW!

Musik bisa dimanfaatkan untuk rileksasi dan mengendorkan urat-urat syaraf. Musik yang lembut sangat efektif untuk rileksasi dan mengutangi rasa nyeri. Menurut penelitian di Perancis, mendengarkan musik dapat membantu mengurangi intensitas rasa nyeri pada orang-orang yang mengalami nyeri punggung kronis. Bahkan pada penelitian yang lain ditemukan fakta bahwa hampir separuh dari pasien kanker yang mendengarkan musik selama 30 menit rasa sakitnya berkurang hingga 50 persen. (beragaminfo.net)

Nah, selain itu alunan musik lembut yang menenangkan dan stimulasi gelombang otak dengan frekuensi deep delta untuk merangsang kondisi relaksasi yang dalam. Pada kondisi itu akan terjadi pelepasan endorphin yang merupakan zat anestesi alami yang membantu menghilangkan atau meringankan berbagai rasa sakit. Meredakan nyeri akibat suatu penyakit, nyeri punggung, rematik arthritis, luka bakar, luka kecelakaan, nyeri penderita kanker, nyeri persendian, nyeri pada otot, nyeri pasca operasi dan jenis nyeri lainnya. (terapimusik.com)

Terus, biasanya saya dapatkan musik-musik asik itu dari mana? DOWNLOAD gratisan di internet, Anda juga, kan? #eh.

Ya, jujur selama ini saya memang mendapatkan musik sebagian besar hasil mengunduh dari 4shared.com, indowebster.com atau menyalin dari harddisk warnet, tapi saya juga memiliki beberapa CD musik asli juga sih. Jujur, sebagai orang yang mengaku taat peraturan, sebenarnya saya malu, aktivitas itu kan masuk ke dalam praktik pembajakan #doh.

Biasanya, harga mahal yang jadi alasan orang-orang tidak membeli karya asli si musisi, dan lebih memilih yang gratisan. Kalau ada yang gratisan, kenapa harus beli? Nah, slogan itu juga yang bikin pembajakan makin subur. Ah, tapi sekarang semua orang harus bersyukur, kenapa? Pasalnya sekarang sudah ada aplikasi LangitMusik & MelOn yang bisa diunduh dan dipasang di smartphone.

musikasik

LangitMusik + simPati + gadget

Aplikasi yang terintegrasi dengan Telkomsel itu merupakan musik player multi device dan multi platform yang bisa dinikmati dimana saja dan kapan saja. Nah, kerennya lagi LangitMusik punya lebih dari 800.000 ribu lagu di library musiknya. Lagu yang ada di library merupakan lagu yang berkualitas, kenapa? Karena semua lagu yang ada di library LangitMusik itu musik legal. Selain itu, harganya murah banget dengan Rp.10.000 kita bisa menikmati streaming & download musik UNLIMITED.

Jadi, kalau ada yang murah, legal dan halalan thoyiban, kenapa malu-maluin diri sendiri dengan download musik bajakan?😀. Akhirnya, sekarang semua orang bisa menggunakan analgesik yang tidak memiliki efek samping tanpa merasa bersalah!

mu.sik [n] (1) ilmu atau seni menyusun nada atau suara dl urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yg mempunyai kesatuan dan kesinam-bungan; (2) nada atau suara yg disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yg menggunakan alat-alat yg dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu)

*tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Musik Asik

3 komentar

  1. bener banget musik itu mempengaruhi mood kita😀

    salam

  2. lagu nya kurang asik
    kebanyak lomod

  3. jauh bangat bila di banding kan dengan musik jango.com

Tinggalkan Balasan

