Liputan6.com: Harus Lebih Tonjolkan Citizen6!

logoTidak terasa program berita Liputan6 sudah berumur 17 tahun pada 2013 ini, pantaslah jika Liputan6 dibilang sebagai program berita legendaris. Tak hanya memberikan informasi dan berita terkini yang aktual, tajam dan terpercaya kepada masyarakat melalui televisi, Liputan6 pun mulai memanjakan aktivis dunia maya dengan website protal berita terkini liputan6.com.

Liputan6.com hadir dengan sajian berita terbaru seputar News, Bisnis, Bola, Showbiz, Tekno, Health. Selain itu di Liputan6.com juga menyediakan space untuk para jurnalis warga, namanya citizen6. Berdasarkan kacamata orang awam seperti saya, secara garis besar website portal berita Liputan6.com sebenarnya sudah rapi dan menarik, tapi memang ada beberapa hal yang bisa diperbaiki agar interaksi dengan pengunjung bisa semakin optimal.

citizen6-

Laman Citizen6 21 Mei 2013 09:37

Citizen6
Salah satu konten yang saya paling apresiasi di Liputan6.com adalah Citizen6. Karena dengan para citizen journalist / jurnalis warga itu bisa ikut mengabarkan informasi yang terjadi di daerah mereka. Selain sebagai ruang publik, Citizen6 juga berguna untuk mendekatkan masyarakat dengan Liputan6.com.

Namun sayang, kanal yang satu ini kurang terekspos. Saya sempat mencari-cari dari halaman ke halaman website Liputan6.com untuk menemukan kanal ini yang ternyata letaknya di halaman depan, kategori Citizen6 dan tempatnya di bagian bawah halaman web. Menurut saya, konten yang sangat menarik ini sebaiknya lebih diekspos agar masyarakat tahu dan ikut terlibat aktif sebagai citizen journalist yang terus terhubung dengan Liputan6.com.citizen6

Mungkin salah satu cara mengekspos konten ini dengan menambahkan kanal Citizen6 pada menu utama Liputan6.com, dengan demikian pengunjung yang ingin mendapatkan berita hari ini juga bisa langsung tahu tentang Citizen6 dan tertarik untuk menjadi kontributornya.

Untitled-1

Laman Liputan6.com 20 Mei 2013

Tampilan
Meskipun ada pepatah don’t judge a book by it’s cover, tetapi penampilan tetap menjadi hal pertama yang dilihat orang, begitu pula dengan website portal berita. Saat pertama kali membuka website Liputan6.com, pengunjung langsung disuguhi konten yang mayoritas merupakan gambar. Hal itu menurut saya cukup baik, karena gambar lebih eye-catching daripada sekadar tulisan. Selain itu pemilihan warna website yang clear, membuat mata tak cepat lelah ketika memandang lama layar monitor.

Tapi ketika melihat laman web Liputan6.com lebih dari 5 detik, kok rasanya agak monoton ya? Mungkin karena objek gambar yang ditampilkan mode-nya diam. Jadi, menurut saya sebaiknya Liputan6.com bisa menambahkan fitur image slideshow agar konten gambar lebih menarik tanpa harus meng-embed gambar animasi yang biasanya membuat halaman web lebih berat dibuka.

Saya kira ide image slideshow itu bisa diterapkan pada foto headline, selain membuat halaman tidak monoton, pengunjung juga bisa mendapatkan pilihan informasi atau berita headline yang lebih variatif, karena sekarang (saya mengakses website liputan6.com pada 20 Mei 2013) foto dan berita headline hanya satu saja.

Selain itu, saya masih melihat beberapa gambar atau foto ilustrasi dengan resolusi rendah, meskipun masih tetap memberikan informasi, tetapi gambar yang pecah itu cukup menganggu saat pengunjung menikmati setiap konten di Liputan6.com. Jadi IMHO, sebaiknya Liputan6.com memiliki standar resolusi gambar ilustrasi yang tetap baik dan rapi saat ditampilkan. Kemudian mengenai pemilihan gambar ilustrasi sebisa mungkin mendekati konten berita atau artikel yang ditampilkan, sehingga pengunjung tidak salah tafsir dan bisa mengambil korelasi dari dua konten tersebut.

Konten dan Navigasi
Untuk masalah konten, seharusnya tidak perlu diragukan lagi, apalagi orang-orang di balik Liputan6.com ada jurnalis-jurnalis andal yang profesional. Berita-berita yang ditampilkan di portal berita online seharusnya sudah sesuai dengan pedoman pemberitaan media siber yang dirilis Dewan Pers awal 2012 lalu. Pedoman pemberitaan media siber itu disusun sebagai upaya pencegahan pelanggaran kode etik jurnalistik serta untuk melindungi pembaca dari kesalahpahaman pemberitaan.

Sepanjang pengamatan saya, konten yang ditampilkan di Liputan6.com sepertinya lebih banyak merupakan konten atau artikel saduran dari website luar yang isinya lebih mementingkan hal yang ‘menarik’ dibandingkan hal yang ‘penting’. Sebaiknya kedua hal itu bisa diseimbangkan, sehingga pengunjung juga bisa mendapatkan suplemen informasi yang berbobot dan tak hanya menghibur.

Kemudian navigasi yang ditampilkan sudah cukup mengakomodasi pengunjung, hanya saja belum spesifik sehingga cukup membuat pengunjung bingung. Misalnya saya, ketika ingin mencari berita internasional, saya bingung harus kemana, ternyata harus masuk kanal News kemudian mencari kategori Internasional yang kebetulan berada di halaman paling bawah. Mungkin sebaiknya diberikan sub-kanal di bagian bawah kanal utama, sehingga pengunjung bisa lebih mudah mengakses halaman yang mereka inginkan.subkanal

Sementara itu, di kanal Foto bagian galeri foto headline, foto besar juga tidak otomatis berubah ketika pengunjung memindahkan thumbnail/foto kecil dan harus mengeklik terlebih dahulu agar foto besar yang dimaksud muncul, itu pun harus melalui proses loading halaman secara utuh. Bukankah sebaiknya slide galeri foto itu sudah tampil otomatis jadi pengunjung tidak perlu melalui proses reload halaman😉

Wah tak terasa saya sudah menulis panjang lebar tentang Liputan6.com, apapun yang saya tulis di sini semuanya  tanpa bermaksud menyinggung dengan ke-sok tahu-an saya, saya hanya berusaha untuk mengapresiasi dan memberi masukan dari sisi orang awam, agar portal berita ini bisa menjadi lebih baik dan bisa menjadi rujukan utama bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi dan berita terkini yang tajam, aktual dan percaya.

Jaya terus Liputan6!

*tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Penulisan #KlikLiputan6.com

10 komentar

  1. Sukses ngontesnya ya.

  2. semoga menang kak nenden😀

    1. makasih-makasih :))

  3. wibisono · · Balas

    ikut kontes mbak yu?? sukses ya. kapan main ke solo kie??

    1. haha iya nih sidejob buat nambah penghasilan.
      awal bulan kemarin aku udah ke solo loh, tapi cuma sebentar. mungkin nanti kalau ada libur panjaaaaaaaaang lagi😀

  4. jos gandos

  5. Bener juga, harusnya Citizen6 di Liputan^ lebih diekspos lebihhh😀

  6. Selamat ya mbak, atas prestasinya🙂
    Memang review yang mbak buat sangat lengkap. .
    Sukses selalu ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: