Modus Penipuan via SMS Semakin Canggih

SMS

“Gila! Sekarang modus penipuan makin canggih aja,” Kalimat itulah yang saya lontarkan sesaat setelah menerima SMS yang berisi saya mendapatkan hadiah senilai Rp49 juta.

Modusnya sih memang masih sama, melalui SMS dan mengatasnamakan salah satu perusahaan provider di Indonesia. Tapi yang membuat saya cukup kaget, mereka berani menampilkan alamat website yang berisi informasi undian atau program hadiah itu. Sekitar sepekan yang lalu, adik saya juga cerita pada saya kalau dia mendapatkan SMS tentang hadiah itu dan juga mencantumkan link website.

Karena iseng, akhirnya saya coba buka link website yang disertakan di SMS itu. Kalau dilihat secara sekilas kemungkinan besar orang bakal langsung percaya halaman yang mereka akses merupakan halaman resmi perusahaan provider yang bakal memberi hadiah. Untungnya sejak melihat alamat website yang dicantumkan, saya sudah tahu kalau website itu dibuat di hosting gratisan http://webs.com, secara logis kan tidak mungkin perusahaan yang bakal ngasih hadiah puluhan juta cuma bikin website gratisan?

Di halaman utama website tipu-tipu http://kejutan-3care.webs.com/ ditampilkan berbagai macam promo, namun bentuknya hanya berupa gambar dan bukan link yang mengantarkan ke halaman lain yang berisi informasi. Di sana juga hanya menu Program Undian dan Pin Code Pemenang yang bisa diakses *ketahuan banget tipu-tipunya*.

Website tipu-tipu...

Website tipu-tipu…

Setelah menelisik lebih dalam *jiaaah*, informasi yang dicantumkan tentang undian cukup detail dan dilengkapi dengan testimoni pemenang *doh*. Percaya atau tidak, di sana juga mereka bawa-bawa Gubernur DKI Jakarta dan Kapolri dengan menampilkan gambar Jokowi dan Timur Pradopo sebagai penanggungjawab *doh* *doh*.

Busyet, KPK dan Jokowi juga diajak...

Busyet, KPK dan Jokowi juga diajak…

Meski demikian, saya salut dengan komplotan SMS penipu ini. Mereka peka terhadap perkembangan zaman dan terus berinovasi untuk meyakinkan targetnya. Munculnya website tipu-tipu ini kemungkinan besar mereka sadar masyarakat sudah pintar dan sangat terpengaruh dengan teknologi informasi, sehingga tidak mudah percaya jika hanya pengumuman melalui SMS.

Yaa.. dan nanti saya yakin, semakin maju perkembangan zaman pasti bakal diikuti dengan semakin canggihnya modus penipuan. Semoga masyarakat Indonesia juga semakin pintar dan tidak mudah terkecoh dengan penipuan semacam ini.

Semacam maling teriak maling x_x.

Semacam maling teriak maling x_x.

9 komentar

  1. Sinta Nisfuanna · · Balas

    tulisan ini kayaknya perlu di-tag ke Pak Jokowi😀

    1. cc @jokowi_do2😀

  2. Selain bisa menghasilkan atau berpeluang menghasilkan uang, internet juga penuh dengan penipuan. internet-marketing Waspada dan selalu waspada, selalu cek dan ricek segala kegiatan atau informasi yang Anda dapat. Jangan mudah terpancing iming-iming cepat kaya. Tidak ada uang jatuh dari langit , semua harus melalui usaha dan kerja keras.

  3. Aihh.. Hari gini masih tertipu dengan telepon dan sms berhadiah? Kok nggak gaul banget ya itu orang. Kasihan. Bagaimanapun tindak penipuan itu merugikan, terlebih melibatkan uang. Itu sudah termasuk tindak kriminal.

  4. Iya nih mbak ane juga sering dapet sms modus gitu…dia kira kita gk melek modus jadul gitu🙂

  5. kalau saya dapt sms penipuan selalu saya jawab balik dgn kalimat ” Allang gadongi!” artinya makan tuh ubi! Saya tak perduli nyampe atau tidak sms saya sama penipu tuh!

  6. AL IKHLAS · · Balas

    Semestinya kita berfikir dengan memandang berbagai aspek, kenapa dan mengapa dinegara yg merdeka dgn pengorbanan darah dan jiwa para pejuang2 mulia ini bisa terjadi ketimpangan2 dalam masyarakat, seyogyanya kita (terutama pemerintah RI) Mencari solousi terbaik dan pas sehingga masalah2 sepertim itu tdk mendarah daging dibangsa ini, ketika kita saling menghakimi… itu bukannya memberi solusi akan tetapi ibarat menanam bibit baru buat mereka… karena bagaimanapun juga…. sesungguhnya kita mesti memberikan aplauss buat mereka, karena dengan profesi mereka…kita semua tau pasti kalau mereka adalah putra2 bangsa yg punya kreatifitas tinggi…hanya saja…dinegara ini tak ada badan khusus yg bisa mengendalikan dan menjadikan mereka menjadi anak2 bangsa yg berguna bagi nusa dan bangsa….. Alangkah baiknya jika sedari dini kita berfikir kedepannya agar kita tiada menjadi pecundang dimata dunia, padahal kita memiliki aset2 bangsa yg punya ilmu dan naluri ingin berkembang dan maju…. namun…..sayangnya….mereka tak punya cukup modal dan kesempatan…..MERDEKA !!!

  7. aq jg sering bngt dpt sms penipuan gtu baik d no simpti maupun indosat…ga tanggung2 hadianya ampe ratusan juta n mobil,,,baru2 ini dpt sms “selamat no HP anda terpilih sebagai pemenang dari POIN plus-plus PT.INDOSAT pin pemenang anda b89c7h9 info klik http://www.undian-info-indosat.webs.com pengirim 085703210392″

  8. Tulisan yg menarik dan pasti berguna untuk pembaca. TErima kasih sudah berbagi kisah ini..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: