Mengatasi Susah Tidur

Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, apalagi kalau sudah terbiasa bergadang dan tidur lewat tengah malam. Keadaan seperti itu mungkin menguntungkan, mungkin juga merugikan terutama untuk orang-orang yang perlu bangun pagi untuk menjalani aktivitas rutin.
Hal seperti itu juga seringkali menimpa saya, bahkan seperti saat ini ketika sedang menulis tulisan ini saya dalam keadaan tidak bisa tidur, pada besoknya saya harus bangun cepat untuk menantang kejamnya arus transportasi ibu kota🙂.
Mungkin cara yang paling populer untuk membuat kita tertidur adalah dengan menghitung domba imajiner yang melompati kepala kita. Ah tapi itu kan sudah terlampau kuno (meskipun cukup berhasil), tapi saya memiliki beberapa tips lain yang saya nilai efektif untuk mengatasi masalah di atas. Tips ini saya dapatkan berdasarkan pengalaman dan hasil eksperimen pribadi juga saran dari beberapa teman.
Pertama, biasanya saya melakukan ritual mengundang ngantuk dengan membaca buku. Cara ini biasanya paling cepat dan efektif mengantar saya ke dalam dunia mimpi. Selama saya hidup malang melintang di dunia, genre buku yang memiliki kekuatan paling dahsyat adalah buku pelajaran Fisika dan Kewarganegaraan😀.
Kedua, tips ini memerlukan beberapa tahap dan saya dapatkan dari *ehm* seseorang:

  • * ubah atau buat posisi tidur senyaman mungkin
    * matikan lampu atau nyalakan lampu tidur
    * putar lagu kesayangan bernada lembut
    * tarik dan keluarkan nafas secara perlahan dan teratur

Dengan melakukan saran di atas, biasanya tubuhnya menjadi lebih relax, pikiran jadi tenang dan rasa ngantuk perlahan menghampiri. Biasanya tak sampai lagu ketiga selesai, saya sudah tidak ingat apa-apa lagi dan tiba-tiba terbangun di pagi hari.
Ketiga, melakukan aktivitas yang monoton contohnya seperti menghitung domba di atas), ngupil secara berkesinambungan *eh*, atau buat orang-orang yang tidak bisa lepas dari gadget bisa melakukan scrolling timeline twitter anda terus menerus ke bawah sampai anda capek.
Keempat, jika tips-tips di atas tidak cukup membantu, anda bisa mencoba untuk menulis. Menulis apa saja yang terlintas di benak anda. Tapi sebaiknya kegiatan ini dilakukan di gadget yang bisa anda bawa sambil membaringkan diri di kasur, dan bukannya duduk di meja dan menulis di kertas (karena kalau anda ketiduran tidak akan dalam kondisi nyaman dan akan mempengaruhi kondisi tubuh saat bangun tidur).
Ya setidaknya empat macam cara di atas yang biasanya saya coba agar saya bisa memejamkan mata dan tertidur. Mungkin anda memiliki tips lain selain harus minum obat tidur, tentunya? Let’s share…🙂

4 komentar

  1. kalo streess berat kui antara gakbisa tidur, atau malah tidur banyakhahaha..
    tks tips nya

  2. minum susu.. kalau saya si bgtu,hahaha

  3. Klinik Insomnia · · Balas

    Reblogged this on Dunia Tidur.

  4. nice,,, bisa mngurangi jadwal begadang nih!🙂
    KASIAT BUAH BELIMBING WULUH

Tinggalkan Balasan

