Menjelajahi Bromo dengan Mobil 4WD

Ada yang menarik saat mengunjungi Bromo kemarin. Ternyata sudah sekitar 2 tahun, mobil pribadi dilarang masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Bromo, Tengger dan Semeru. Sehingga satu-satunya moda transportasi yang bisa digunakan selain sepeda motor adalah mobil hardtop 4WD yang disewakan.

Sambil menunggu anggota rombongan yang masih menikmati kawah Bromo, saya sempat berbincang dengan pemilik hardtop yang saya naiki, namanya Kadek Susanto, warga Pasuruan.

Pria yang sudah tiga tahun memiliki usaha penyewaan hardtop itu bercerita pelarangan itu sebenarnya bukan dari pemerintah daerah setempat, melainkan dikelola oleh paguyuban persewaan hardtop.

“Kami sengaja memberlakukan itu karena kami juga bertanggungjawab untuk memperbaiki jalan di daerah sini,” paparnya saat berbincang dengan saya Sabtu (23/2/2013). Kadek menambahkan biasanya warga di sekitar situ yang langsung memperbaiki jalan, karena respons pemerintah dinilai lambat.

Untuk menyewa mobil hardtop itu, Kadek menjelaskan penyewa dikenai biaya Rp350.000 tiap satu hardtop yang cukup untuk 6 orang, dan akan dikenai biaya Rp25.000 untuk tambahan tiap satu orang. Harga itu sudah termasuk biaya penjemputan dari tempat parkir mobil menuju dua destinasi yaitu sunrise dan kawah Bromo, sedangkan untuk tambahan menuju pasir berbisik dan padang savana, harganya jadi Rp600.000.

Kadek juga melayani antarjemput menggunakan hardtopnya dari dan ke Stasiun Kota Lama Malang dengan tarif Rp1,2 juta. Harga itu sudah termasuk perjalanan ke empat destinasi wisata bromo dengan jangka waktu sepuasnya. Kadek menjelaskan waktu paling bagus untuk menikmati Bromo adalah sekitar Agustus, karena saat itu biasanya cuaca cerah, tetapi udaranya sangat dingin.

Jadi buat teman-teman yang mau menikmati keindahan Bromo, bisa mulai petualangan dari Stasiun Kota Lama Malang. Sebelumnya bisa memilih transportasi murah kereta api ekonomi dari kota keberangkatan. Kurang lebih kalau dihitung-hitung tidak perlu menghabiskan dana sampai Rp500.000 per orang (asalkan satu rombongan minimal 6 orang). Cukup murah, kan? Ayo tunggu apalagi?🙂

5 komentar

  1. kalo gak sampe 6 orang gimana yah ?

    1. gak sampe 6 orang juga gpp. tapi konsekuensinya harga yang udah ditetapkan dibagi jumlah orang yang ikut, jatuhnya jadi lebih mahal😀

  2. UNTUNG WIBOWO · · Balas

    Tolong aku di kirimi Nomor HP nya Mas Kadek Susanto ! Aku kok pingin komunikasi lebih lanjut !

    1. bisa konfirm ke FB-nya aja ya, http://www.facebook.com/kadek.susanto.16?fref=ts
      terima kasih🙂

  3. monggo yang butuh sewa kendaraan Jeep lewat malang mampir di http://hardtoptumpang.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: