Beberapa Masalah Haid

ha·id 1 n Dok peristiwa fisiologis dan siklis pd wanita dl masa reproduksi dng keluarnya darah dr rahim sbg akibat pelepasan selaput lendir rahim; menstruasi; 2 v keluar darah dr rahim wanita dewasa setiap bulan sbg bagian dr siklus hidup biologisnya; datang bulan; mendapat kain kotor; 3 n periode datang bulan; periode menstruasi; #KBBI

***

Salah satu yang membedakan antara perempuan dan laki-laki, selain melahirkan adalah haid. Haid atau mestruasi adalah salah satu fitrah dan ‘kelebihan’ yang diberikan Tuhan kepada setiap perempuan dewasa. Haid dan menstruasi pun merupakan salah satu indikator kalau seorang cewek bisa dibilang baligh atau dewasa.

Tapi, ‘kelebihan’ ini tak serta merta lancar dirasakan oleh semua perempuan, karena nyatanya banyak perempuan yang mengalami masalah dengan haid ini. Salah satunya saya. Ada beberapa masalah haid yang saya alami, dan salah satunya pernah membuat saya sedikit stress, setelah mencari beberapa referensi di internet, dan sedikit konsultasi dengan bu Bidan, saya bisa mengidentifikasi masalah haid yang saya alami itu.

Masalah pertama adalah Amenorea, dulu pada awal-awal haid pertama sampai kuliah semester 4, siklus haid saya tidak teratur, biasanya saya haid 3 bulan sekali padahal seharusnya yang normal adalah 1 bulan sekali. Pada saat itu saya pikir itu memang normal-normal saja, bahkan saya senang karena pada saat Bulan Ramadhan saya malah sering tidak kedatangan ‘tamu’, sehingga membuat saya dapat puasa secara penuh.🙂

Nah, Amenorea itu adalah keadaaan tidak ada menstruasi. Istilah ini digunakan untuk perempuan yang belum mulai menstruasi setelah usia 15 tahun (amenore primer) dan yang berhenti menstruasi selama 3 bulan, padahal sebelumnya pernah menstruasi (amenore sekunder). Hal tersebut normal terjadi pada masa sebelum pubertas, kehamilan dan menyusui, dan setelah menopause.

Penyebab tersering dari amenorea primer adalah:

  • Pubertas terlambat
  • Kegagalan dari fungsi indung telur
  • Agenesis uterovaginal (tidak tumbuhnya organ rahim dan vagina)
  • Gangguan pada susunan saraf pusat
  • Himen imperforata yang menyebabkan sumbatan keluarnya darah haid, dapat dipikirkan apabila wanita memiliki rahim dan vagina normal

Penyebab terbanyak dari amenorea sekunder adalah kehamilan, setelah kehamilan, menyusui, dan penggunaan metode kontrasepsi. Jika sebab-sebab tersebut bisa disingkirkan, maka penyebab lainnya adalah:

  • Obat-obatan
  • Stres dan depresi
  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas
  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis
  • Gangguan indung telur
  • Penyakit kronik

Tanda amenorea adalah tidak didapatkannya haid pada usia 16 tahun, dengan atau tanpa perkembangan seksual sekunder (perkembangan payudara, perkembangan rambut pubis), atau kondisi dimana wanita tersebut tidak mendapatkan haid padahal sebelumnya sudah pernah mendapatkan haid. Gejala lainnya tergantung dari apa yang menyebabkan terjadinya amenorea.

Masalah kedua, setelah siklus haid saya teratur (sebulan sekali) ternyata timbul masalah lain, yaitu darah haid saya berlebihan. Bahkan saking banyaknya sampai jangka waktu haid itu bisa lebih dari 2 minggu (normal maksimal 2 minggu). Saat awal, saya berfikir mungkin itu rapelan haid saya yang 3 bulan sekali (ngarang). Ternyata gejala itu disebut dengan Menoragia.

Menoragia atau hipermenorea adalah perdarahan haid yang lebih banyak dari normal (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari), kadang disertai dengan bekuan darah sewaktu haid. Siklus haid yang normal berlangsung antara 21-35 hari, selama 2-8 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80 ml/hari.

Penderita menoragia dapat mengalami beberapa gejala seperti:

  • Perlu mengganti pembalut hampir setiap jam selama beberapa hari berturut-turut
  • Perlunya mengganti pembalut di malam hari atau pembalut ganda di malam hari
  • haid berlangsung lebih dari 7 hari
  • Darah haid dapat berupa gumpalan-gumpalan darah
  • Haid yang berlangsung berkepanjangan dengan jumlah darah yang terlalu banyak untuk dikeluarkan setiap harinya dapat menyebabkan tubuh kehilangan terlalu banyak darah sehingga memicu terjadinya anemia. Terdapat tanda-tanda anemia, seperti napas lebih pendek, mudah lelah, pucat, kurang konsentrasi, dll.

Timbulnya perdarahan yang berlebihan saat terjadinya haid (menoragia) dapat terjadi akibat beberapa hal, diantaranya:

1. Adanya kelainan organik, seperti:

  • infeksi saluran reporduksi
  • kelainan koagulasi (pembekuan darah), misal : akibat von willebrand disease, kekurangan protrombin, idiopatik trombositopenia purpura (ITP), dll
  • Disfungsi organ yang menyebabkan terjadinya menoragia seperti gagal hepar atau gagal ginjal. Penyakit hati kronik dapat menyebabkan gangguan dalam menghasilkan faktor pembekuan darah dan menurunkan hormon estrogen.

2. Kelainan hormon endokrin misal akibat kelainan kelenjar tiroid dan kelenjar adrenal, tumor pituitari, siklus anovulasi, Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS), kegemukan, dll

3. Kelainan anatomi rahim seperti adanya mioma uteri, polip endometrium, hiperplasia endometrium, kanker dinding rahim dan lain sebagainya.

4. Iatrogenik : misal akibat pemakaian IUD, hormon steroid, obat-obatan kemoterapi, obat-obatan anti-inflamasi dan obat-obatan antikoagulan.

Untuk masalah terakhir (menoragia), Bu Bidan Renny pernah menyarankan pada saya untuk menjalani terapi Sangobi*n (obat penambah darah), katanya ini untuk menganti darah haid yang keluar secara berlebihan, setelah itu saya diminta untuk mengikuti terapi Pil KB, yang ini fungsinya untuk menyetabilkan hormon. Nah, kemarin saya baru sampai ke terapi Sangobi*n itu saja, dan lambat laun mulai reda.

Hmmm… mungkin dengan ‘kelebihan’ itu membuat sedikit ribet untuk para perempuan, bahkan di kasus lain sampai ada yang merasakan kesakitan yang teramat ketika kedatangan tamu agung itu, (beruntung saya tidak pernah merasakan sakit). Ya, mau nggak mau, kita sebagai perempuan memang harus menerima fitrah tersebut (+ segala permasalahannya) dengan ikhlas, karena dengan haid dan menstruasi inilah seorang perempuan layak disebut perempuan🙂.

***

sumber:

http://situs.assunnah.web.id/2011/04/24/macam-macam-gangguan-haid/

http://majalahkesehatan.com/5-jenis-gangguan-menstruasi-haid/

38 komentar

  1. ah,, saya 3 bulan terakhir ini haidnya bisa sampe 2 minggu lebih, padahal biasanya cuma seminggu
    terapi sangobion itu gimana mbak?

    1. terapi sangobion itu kita coba rutin minum sangobi*n, supaya HB-nya bertambah..
      kemarin saya juga cuman bentar koq minum SB-nya,

  2. eh eh,,,
    saya ga paham yg ginian… hehehe

    1. eh cowok juga harus paham lho..
      ntar biar bisa bantu istrinya .. :p

  3. aku lancar sih tapi suwakiitttt, dang kadang ga sakit juga. saksuka2nya lg sibuk apa gituh pas dkt2 harinya.
    masih normal kl gitu ya

  4. biasanya perempuan kalo lagi “berhalangan” tingkat emosionalnya tinggi ya…..:-D

  5. persis, setiap menstruasi pasti dismenore nih

    hufth

  6. Ooo, sampe sekarang aku udah 10 tahun mens masih gak teratur T___T
    TFS anyway mbak…

  7. Dulu, kaka temen saya pernah mengalami haid yang bisa dikategorikan parah. Setiap hari selalu bocor, sampai2 waktu dirawat dirumah sakit, harus menggunakan sarung karna darah haidnya meluncur terus.

  8. heemmmmmm heeeemmmmm heeemmmmm no comment ahahaha :p

  9. wahhh salam kenal aja deh ya? saya blm pernah haid sih😀

  10. sianakingusan55 · · Balas

    Hehehe, kalau soal yang beginian. Angkat tangan saja deh saya, soalnya ini persoalan yang dimiliki setiap wanita dewasa. Saya kan masih ingusan, jadi tidak paham benar. Terima kasih atas kunjungan dari anda,😀.

    Salam Ingus. Jangan lupa pencet, http://sianakingusan55.wordpress.com/2011/11/26/rasa-terima-kasihku-kepada/

  11. waduh maaf saya jadi fast reader aja ya mba, agak kurang ngerti dan sedikit malu baca yang kayak gini

    klo istilah Amenorea saya pernah denger justru dari temen cwe saya ha ha..

  12. Irfan Handi · · Balas

    Info ini cucok buat istri saya. tengkyu yak.😉

  13. apakah benar jika seorang wanita sering mengalami sakit ketika haid
    akan mempengaruhi susahnya mendapatkan keturunann????

  14. ane kurang paham nih… nice info , deh…
    tapi dulu pernah ada temen cewek yang kalo haid dateng sampe 3 hari ngerasai perutnya sakit gitu.

  15. menambah pengetahuan nden. kalau saya baru paham masalah aqollu ayyamil haid😀

  16. Aku malah lancar banget, tapi gak haid.. *loh

  17. Hmmm…
    Saya juga bermasalah dengan haid. Karena ada adenomiosis di dalam rahim jadi setiap haid selalu sakit sampai harus cuti.

  18. onesetia82 · · Balas

    mau ngomong apa ya tentang haid . . . ?
    baca aja ah buat pengetahuan . . .
    sampai saat ini saya belum haid . . .😀

  19. aww.. saya perlu komen juga ga ? hahahaha

  20. sungguh2 ribet ya kaum hawa itu
    pantas jadi sering sensitif🙂

  21. kalau saya kadang gak lancar mbak bukannya telat tapi misalnya udah dapt satu hari besoknya malah gak ada tapi untunglah tidak begitu sakit..

    salam kenal juga mbak..🙂

  22. nasihat ini disimpan dulu sampai saatnya tiba *halah* hehehe😀

  23. wah aku sih alhamdulillah lancar tapi hari 1 ato 2 nya suakit perut.. >,<

    btw, salam kenal ya mba,, boleh tukeran link ;)?

  24. Aulianti · · Balas

    Assalamualaikum…
    saya haid sudah 2 minggu hari ini…
    bukannya semakin sedikit darah haid saya malah semakin banyak..
    bisanya saya haidntidak lebih dari 8 hari, bagaimana ini mbak ?
    mohon solusinya

    1. ea nich mbk q jg udah 8 hr haid lom jg selesai,truz bnyk ada gumpalan gitu
      normalkah

      1. waalaykumsalam. saya juga sering begitu, kalau saya tanya ke teman yang lebih mengerti, dia bilangnya masih di batas wajar karena pengaruh hormon atau kondisi fisik saat sedang haid. tapi kalau waktunya lebih lama, sebaiknya diperiksakan ke yang lebih paham mba.

  25. Rhia_dj · · Balas

    mb aku seorang ibu.haid g teratur. kadang haidnya hy 2 atau 3 hari sedikiiiit banget, hari 4,5 bahkan sampai hari ke 7g mengalami haid.Tapi, hari selanjutx haidnya datang lg.. itupun cuma berlangsung 3 atau 4 hari saja. apakah karna faktor minum pil KB ya yg jg g teratur minumnya ya mb. Tolong bantuannya ya mb.

  26. mba aku mw tnya aku Kb yg 3 bln,kalau haid itu knp & bahaya / tdak

  27. telat hait selama 2 bulan ,, bagai man slusiy umr sya 18 th

  28. beautytatum@yahoo.com · · Balas

    jadi gimana jika seseorang 15 thn belum haid tapi dy sudah berkonsultasi ke dokter kata dokternya kekurangan hormon, jadi bagaimana cara menambah hormon secara alami

  29. Samobionnya ei minum.brapa kali sehari ya?

  30. Qori Dwi Masitoh · · Balas

    mba,gimana niech, aku sudah tiga bulan ini tidak mengalami haid, saya jdi cemas banget, memang saya mengalami penurunan berat badan yg drastis, sampai 6 kg lebih, apakah itu penyebabnya?

  31. Wah ini cocok sama aq yg skrg,,,mb bisa bagi info?? Dengan sangobion ini akhirnya bisa normal lagi kah

  32. samuel aprilio daniel · · Balas

    untuk yg px link ini saya mw tx istri saya mengalami haid brkepanjangan dr tgl 5 april 2014 smpk skrang???? lw nlh tw knp y gejala itu???? mohon di balas

Tinggalkan Balasan

