Amigurumi

Salam kawan-kawan blogosphere semua.. sudah lama sekali rasanya saya tidak menulis di blog ini, kalo alasan sih bisa dengan panjang lebar saya jelaskan, tapi itu tidak penting, karena yang paling penting saya sudah bisa menyempatkan diri untuk menulis di blog ini lagi.πŸ˜€

Oh ya, saya cuma mau berbagi cerita, akhir-akhir ini karena kejemuan saya terhadap tugas akhir, maka saya berusaha untuk mencari kegiatan baru yang bisa merefresh otak, dan akhirnya pilihan saya jatuh pada merajut, eh tapi sebenarnya saya lebih suka dengan merenda, hanya saja sebagian orang masih mengasosiasikan merenda itu sama dengan merajut, padahal keduanya itu berbeda lho…

Perbedaan:
Merajut/Knitting adalah proses menautkan benang dengan menggunakan sepasang jarum rajut, jadi tangan kanan maupun kiri sama-sama pegang jarum. Jarum untuk merajut ini berbentuk lurus panjang dengan ujung runcingyang bentuknya seperti sumpit.

Merenda/Crochet sama-sama menautkan benang, tapi kalau crochet(merenda)menggunakan sebuah alat yang ujungnya mempunyai pengait (ujung melengkung) yang biasa di sebut dengan hakken (hook).

sumber: http://harucha.wordpress.com/2010/03/31/sejarah-singkat-knitting-merajut/

 

Nah, sebenarnya merenda ini bukanlah kegiatan baru bagi saya, karena sebelumnya waktu SMA pun pernah menekuni kegiatan ini, dan hasilnya saya sudah merenda berbagai macam benda, salah satunya adalah syal dengan motif bendera Jerman dengan panjang 2 meter. Syal ini saya buat dalam waktu 1 bulan, dan merupakan dalam rangka menyambut piala dunia 2006 di Jerman.πŸ˜€

Sekarang, saya tak hanya merenda benda-benda ‘lurus’, melainkan membuat benda dengan aliran ‘amigurumi’. Mungkin yang pernah memantau Timeline saya di twitter akan melihat hashtag #amigurumi bertebaran di twit saya. Darisana banyak juga pertanyaan sebenarnya apa sih amigurumi itu?

Amigurumi (編みぐるみ?, lit. crocheted or knitted stuffed toy) is the Japanese art of knitting or crocheting small stuffed animals and anthropomorphic creatures. The word is derived from a combination of the Japanese words ami, meaning crocheted or knitted, and nuigurumi, meaning stuffed doll.[1] Amigurumi are typically animals, but can include artistic renderings or inanimate objects endowed with anthropomorphic features.[2]

source: http://en.wikipedia.org/wiki/Amigurumi

Intinya, amigurumi itu adalah boneka-boneka kecil yang dibuat dengan cara merenda atau merajut. Biasanya amigurumi itu merupakan boneka binatang, tapi seringkali hadir dengan bentuk-bentuk lain, misalnya makanan, buah-buahan, atau makhluk-makhluk aneh lainnya.

Sampai saat ini, sudah ada beberapa amigurumi yang saya kerjakan.. mulai dari Droid Robot, Kodama, dan terakhir Tony Chopper. Teman-teman bisa mengecek karya (cieee karya) lengkap saya di http://loveamigurumi.tumblr.com. (malah promosi)πŸ˜€

Ini sebagian hasil karya saya..

Proses pengerjaan amigurumi ini biasanya dipandu oleh pola, atau pun dengan kreasi sendiri. Tapi karena saya masih pemula biasanya masih menggunakan pola yang bisa didapatkan gratis (maksudnya cari yang gratisan) di internet. Tapi biasanya untuk pola yang agak rumit dan eksklusif, itu dikenai biaya rata-rata $ 4-10 per pola.. untuk mencari pola amigurumi yang gratis, biasanya saya menggunakan search term: ‘Free Amigurumi Pattern’.

Untuk satu amigurumi yang sederhana, waktu pengerjaannya itu berkisar antara 2-4 jam, dan itu tergantung dari skill merenda kita, serta kerumitan pola. Dalam pembuatan amigurumi ini membutuhkan konsentrasi ekstra, karena apabila kita salah selangkah saja (atau tidak sesuai dengan pola), maka akan menghasilkan amigurumi yang tidak sempurna (biasanya jadi plintat-plintut). Sampai saat ini pun, saya masih belum bisa menghasilkan amigurumi yang sempurna, karena saya merupakan orang yang susah konsentrasi (walhasil amigurumi-nya kadang jadi ‘cacat’).

Tapi meski demikian, ada kepuasan dan keasyikan sendiri ketika kita sedang merajut atau merenda, dan FYI.. merajut/merenda itu bisa bikin kecanduan!πŸ™‚

Gimana, ada yang tertarik untuk merenda dan membuat amigurumi juga..?

8 komentar

  1. bakal tak rusuhi….. πŸ˜›
    tapi nunggu kerjaanku agak berkurang doeloe yeeeeeeee……..
    musti sampe bisa!!!!
    #maksa

    1. ooo tidaaaak bisaaa…
      wani piro..?
      nek privat larang banget lho.. hahaha :))

  2. hihihi aku ra bakat mbak.. tapi kliatannya seru ya bisa merajut. Merajut hati juga.. #tsaahh

  3. wibisono · · Balas

    Skripsimu garap kuwi mbak nenden.. *kaburrrr

  4. ochaanggraini · · Balas

    Workshop Bisnis Online. Malang, 29-30 Oktober 2011. Peserta terbatas 30 orang. Tempat LAB Statistik FE UIN Malang.

    Materi UTAMA : Membangun TOKO ONLINE, Riset PRODUK, Teknik JITU Promosi dan Marketing INTERNET.

    Materi TAMBAHAN : Optimasi Blackberry+Facebook+Twitter Untuk BISNIS Online.

    Garansi 1 BULAN Jualan.

    Info Lengkap: http://www.GuruBisnisOnline.com | PIN BB 2310BF87 | 0856 4960 8915.

  5. Hebat deh, syukurlah kalo bisa merenda.πŸ™‚

    SAya tahu kok keasyikan melakukan sesuatu yang kita sukai. Sama seperti orang lain yang senang membuat papercraft dan saya yang berhasil membuat jadi satu gundam plastic model.:mrgreen: Ada kepuasan tersendiri.πŸ˜€

  6. ajarin dunk?

  7. Hai…numpang promisi… yang suka kerajinan terutama amigurumi sesuai tema blog ini… Silahkan mampir di http://www.facebook.com/profile.php?id=100003476556149. Kami menjual ebook buku kerajinan dengan harga terjangkau (hanya @Rp. 2.000, semakin banyak e-book yang anda beli semakin murah). Ada banyak pilihannya, ada buku kerajinan crochet/ knitting, amigurumi, flanel, clay, beads, embroidery, origami, papercraft, dll. Yang add friend kami di bulan Februari 2012, dapat tambahan diskon 10% Mari…. mari…πŸ™‚
    TQ

Tinggalkan Balasan

