Earth Hour Lagi dan Lagi

Earth Hour.. 60 menit untuk keselamatan dunia.

Sekarang event ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat dunia dan Indonesia, event yang sudah 3 tahun rutin digelar tiap Sabtu terakhir di bulan Maret pada jam 08.30-09.30 pm ini sudah banyak menyita perhatian. Sering sekali saya mendengar banyak orang dan media yang menggembar-gemborkan event ini. Berbeda dengan tahun pertama earth hour ini berlangsung, yaitu pada tahun 2009. Pada saat itu perhatian terhadap gerakan mematikan lampu selama 60 menit ini masih kurang, [cerita pengalaman saya bisa dibaca di sini] bahkan banyak orang yang sama sekali tidak tau ada gerakan semacam ini.

Kemudian tahun berikutnya [cerita di sini], masyarakat sudah mulai sadar dan mulai banyak yang ikut berpartisipasi dalam gerakan earth hour ini. Saya memang orang yang cukup concern pada gerakan-gerakan cinta bumi ini, sehingga saya menaruh perhatian cukup banyak pada event Earth Hour.

Tapi entah kenapa, pada earth hour tahun ini saya merasa tidak begitu antusias seperti 2 tahun sebelumnya. Saya malah merasa earth hour seperti ini hanya seremonial saja, dan tak ada efek berkesinambungan yang diterapkan oleh masyarakat setelahnya. Meskipun sudah ada gerakan earth hour untuk menghemat penggunaan energi, tapi toh itu cuma 60 menit saja di malam ini, dan setelah itu semuanya kembali seperti biasa. yang senang menghamburkan energi, kembali menghamburkan energi, yang kekurangan listrik, tetap kekurangan listrik juga. Jadi saya rasa gerakan earth hour ini tidak berdampak signifikan terhadap kesadaran masyarakat akan pentingnya menghemat penggunaan sumber daya.

Kalau boleh memilih, lebih baik saya tidak ikut berpartisipasi dalam earth hour tahun ini, tetapi selalu berusaha untuk mengurangi penggunaan energi sedikit demi sedikit namun rutin dilakukan tiap hari. Karena saya rasa itu lebih efektif daripada seremonial saja tanpa ada tindak lanjut nyata dari masyarakat.

Bagaimana menurut kalian??

16 komentar

  1. segala sesuatu yang baik bukanlah sesuatu yang dilakukan secara berlebihan.namun dilakukan secara berkesinambungan&rutin (contohnya mati lampu :p)…

    1. nggaya banget jul..
      sebenarnya langkah PLN dengan pemadaman bergilir itu udah tepat yah jul..? Hidup PLN! #lho haha :))

  2. Johan Wahyu Agustiawan · · Balas

    klu mnurut ane, berarti dirimu termasuk yang berhasil. pertama kedua mengikuti karena seremonial, dan selajutunya bertindak nyata sehari-hari dan mulai mengacuhkan tentang seremonial.. hayah.. “omong opo aq” wkwkwk

  3. Betul mbak. Lebih baik kita secara rutin menghemat energi, dan dampaknya bakal lebih hebatt daripada 60 menit mematikan lampu.

  4. Benar sekali, seremonial semacam EH yang ada pengaruhnya sih, tapi lebih berpengaruh lagi jika kita mengurangi penggunaan energi sedikit demi sedikit, namun rutin dilakukan setiap hari. Barangkali prihatin akan hal ini, EH 2011 ini menambahkan + di belakangnya. Barangkali, satu hal yang penting, setelah satu jam, ubahlah gaya hidup untuk lebih menghemat energi. Demikian barangkali. Salam kenal ya… dan selamat terus berkarya.

  5. gerakan2 semacam ini adalah kesadaraan klo digembar-gemborkan sebooming apa pun klo kesadaraan masih minim ya…gimana jadinya

  6. Johar Manik · · Balas

    Tempat Ane dulu kadang ga cuma 60 menit, 12 jam ditiap harinya….mati lampu tanpa ada yang bisa mengatasinya, tapi anehnya di rumah gubernuran kok terang terus ya ? eh itu suasana 6 tahun lalu di sana, entah sekarang…. .

  7. Ane juga ikutan partisipasi kemarin, juga ada buat artikel tentang ini, hahaa..

    100% setuju banget dengan event ini, semoga saja kesadaran masyarakat terus meningkat seiring meningkatnya suhu bumi ini juga, hhmmm..

    btw, saya mau laporan..
    Link blog anda sudah dipasang di Bacaanmu
    silahkan check di home pada kanan bawah pilih BLOGROLL.
    Mohon segera pasang link blog saya juga dengan nama “Bacaanmu | Blog Anak Medan”
    dan link tujuan http://bacaanmu.blogspot.com/ serta follow blog
    saya jika berkenan.

    Saya berharap sekali bisa bertukaran link dengan blog ini, pagerank tinggi itu yang saya salutkan.. hehee..

    saya tunggu konfirmasi segera, terima kasih!

  8. keren keren . . .semoga bumi kita tidak makin tua

  9. bagus bagus

  10. harus Earth Hours diadakan sebulan 1x jangan setahun sekali,soal’a biar mengurangi secara drastis dampak Pemanasan Global

  11. gan pas hari ini juga ada pemadaman listrik…..liat si guugle ntu…he

  12. Yah, belom update….😦

  13. Wew kok yang bulang ini belum keluar ya? menunggu mode ON

  14. blognya sueger banget, jeng🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: