Nggak Boleh Pulang Malam

tempat tidur

Ada sebuah kejadian yang cukup membuat diriku shock. Kemarin malam, seperti biasanya kegiatan setiap malamku ada lembur atau sekadar rapat di kantor Lembaga Pers Mahasiswa Pabelan. Biasanya, sebelum pindah ke tempat kostku yang sekarang, kalau kegiatan belum selesai sampai jam 21.00 pasti tidur di kantor, karena memang saat itu ada ketentuan ada jam malam sampai jam segitu, tetapi setelah pindah kost yang kupilih karena tidak ada Bapak/Ibu kostnya, juga bisa bebas keluar masuk kost selama 24 jam *dengan catatan laporan dengan anggota kost yang lain*. Aku cukup merasa bebas dan bahagia di kost yang sekarang karena bisa balik ke kost kapan pun aku mau *karena kesibukan yang biasanya padat sampai malam*. Dengan keadaan seperti itu, maka aku merasa aman-aman saja ketika malam kemarin pulang ke kost jam 12 malam karena baru selesai finishing majalah waktu itu. Tapi ada yang beda ketika pulang malam itu, ternyata jalan ke kostku ditutup palang dan dijaga oleh 2 orang bapak-bapak bertampang sangar. Perasaanku sudah mulai tidak enak waktu itu, sampai aku dihampiri bapak-bapak itu dan ditanya:

Bapak-bapak sangar (BBS): darimana mbak? (dengan nada yang amat sangat jutek)

Nenden Cantik (NC): dari kampus pak.. (sok imut dengan nada memelas)

BBS: jam segini?

NC: ia pak, tadi habis lemburan buat… (belum sempat menyelesaikan kalimat)

BBS: yaudah, kamu tuh cewek! Hati-hati.. emang kostnya yang mana??

NC: yang itu pak! (sambil menunjuk kostku)

BBS: oalah pantes (samar-samar sambil pergi dan memukul-mukul besi)

NC: (berusaha membuka palang)

BBS: (melengos) lewat bawah aja mbak, atau diangkat aja kalo bisa!

NC: (BT abis sambil nggelesot-nggelesot lewat bawah palang)

Setelah itu, aku masuk ke kamar kost dengan keadaan shock berat, karena sama sekali benar-benar tidak menyangka bakal menemukan kejadian seperti itu, padahal itu pun baru pertama kalinya aku balik kost jam 12 *biasanya mending milih tidur di kantor, ga enak juga sama mbak-mbak kost*, dan langsung kena interogasi seperti itu. Nasib..nasib..

Okay, selesai ah curhatnya. Terus apa sih yang bisa diambil dari cerita di atas?

Sebenarnya, yang kurasa kejadian seperti itu tiba-tiba muncul di hari pertama aktif kuliah lagi karena dulu, UMS sempat mengadakan sebuah paguyubun pengelola kost di daerah UMS, dan disana para pengelola kost diberikan sebuah wejangan *atau apalah namanya* tentang pentingnya menjaga kondisi kost agar kondusif bagi mahasiswa, dan betapa berperannya bapak/ibu kost sebagai pengganti orang tua dirantau. Ya, aku akui hal tersebut sangat baik adanya, tapi jadi muncul sebuah dilema ketika salah satu kesepakatan yang diambil dari forum paguyuban itu adalah: pengetatan jam malam *seperti yang kualami di atas* dibenturkan dengan kegiatan para aktivis kampus yang sebagian besar diadakan tiap malam hari *karena siang dipakai kuliah*.

Aku rasa butuh sebuah solusi untuk permasalahan di atas, mungkin dengan cara pemberian kartu bebas masuk kost kepada para aktivis, atau semacam surat pemberitahuan kalau-aku-adalah-aktivis yang bisa memberikan pengertian kepada para pengelola kost atau orang-orang seperti BBS di atas kalau kita (aktivis) benar-benar pulang malam karena mengerjakan kegiatan positif, dan bukan keluar malam gara-gara keluyuran tidak jelas. Bagaimana menurut kalian, ada solusi lain?

Aku rasa, sampai belum ketemu solusi yang bisa menyelesaikan permasalahan pulang malam seperti itu, maka pepatah “Anak perempuan tidak boleh pulang malam” akan berlaku untukku *dan kawan-kawan aktivis lainnya*, dan akhirnya kami mengambil keputusan bahwa PULANG PAGI LEBIH BAIK DARI PULANG MALAM!. *siap-siap jadi penghuni kantor lagi, beres-beres kost ke dua*

82 komentar

  1. ‘Pulang pagi lebih baik dari pulang malam’ kenapa gak pulang sore aja sekalian, apa kata dunia anak perempuan pulang pagi..???? ck…ck…ck…😀

    1. hehehe.. lha kalo sore kan masih kuliah mbak, masak udah pulang lagi…? apa kata dunia??

      1. kkkkkkkkkkkk….betul nich mendingan pulang pg aja, ntar klo ditanya pura2 aja bawa belanjaan n bilang abiz dr pasar pak belanja!! xixixi….

        salam sayank

        1. yo masa’ belanja tengah malem??
          belanja apa coba??
          malah nambah mencurigakan.. ck..ck..

  2. ctzahra · · Balas

    setelah tadi ku selidiki dan ku cari” informasi dari warga sekitar kost kita. ternyata kegiatan jaga palang malam hari mulai diaktifkan kembali setelah kemaren belum lama, ada 2 mbak” kepergok lagi…….(ga tahu lah ngapain)…… dikos cowok yang letaknya masih satu RT dengan kos kita. begitu kata informan yang tak tanya”in tadi. dan ternyata, BBS yang nanyain kamu tuh, bapak depan kos kita, tadi ku nanya langsung ma istrinya.

    NC: yang itu pak! (sambil menunjuk kostku)
    BBS: oalah pantes (samar-samar sambil pergi dan memukul-mukul besi)

    maksud bapak nie apa ya…. kok pake kata *oalah pantes* emang ada apa dengan kos kita, perasaan damai-damai saja deh. penghuni kosnya pun tidak aneh-aneh, pernah ada yang nakal tapi dah keluar gara-gara kena marah anak-anak kos.
    jadi curiga??????

    1. oohh, gitu to ceritanya..
      hehehe..

      eh untuk yang ‘oalah pantes’ itu, aku juga dengernya samar-samar koq..
      mungkin aja jawabnya ‘oohh…’ aja, ga tau juga ahh..

      lha terus piye ki?
      yen kopdar bakal balik2 cepet terus dunkx,
      bedewe, tuh palang ditutup jam berapa??

  3. nc itu apanya mhc?? wkwkwk..

    kalo disekitar kos tiap hari ada alarm peringkatan keras dari masjid yang intinya untuk belajar dan mematikan tv tiap jam 7 malam.. jam 10 malam peringatan lagi untuk jam malam kunjungan kos2an..

  4. wah, nek ngapeli jam piro ki….

  5. ctzahra · · Balas

    nah itu kesalahanku tadi… kenapa lupa ku tanyakan mulai di tutup jam berapa… 😀
    masalahnya tadi disambi ‘ngedoli’

    iya ya…wah alamat kopdar pulang cepet terusss…

    1. weleh… ywdah, tanya ulang gih,,
      biar aku punya ancang2 kalo mu balik kost..
      hehehe🙂

      iya nih, kita g bisa kopdar sampe malemmmmmmmmmmmm bangettt…

  6. suka tidak suka, memang sudah ada semacam aturan tidak tertulis bahwa perempuan sebaiknya tidak pulang malam. Oke, kita yg paham akan seabreg2nya kegiatan kampus mungkin bisa mengerti alasan kenapa seorang cewek pulang malam, tapi bagaimana dengan mereka yg tidak tau? mereka yg tidak paham? kita tidak bisa serta merta memahamkan mereka.
    Sementara di sisi lain, mereka juga adalah obyek dari setiap kebaikan yg kita tebarkan. Dan lagi2 kebiasaan di daerah kita, masih mengedepankan figur. Melihat “siapa” yg menyampaikan, bukan “apa” yg disampaikan. Nah, apa jadinya kalo BBS itu sudah ilfil duluan sm kita? Akan semakin sulit bagi kita untuk menyampaikan kebaikan itu.
    Terkadang memang kita perlu banyak berkorban, tidak melulu meminta orang2 memahami kondisi kita. itulah bedanya kita dengan orang2 kebanyakan. Kadar pengorbanan kita lebih besar, karena kita juga berbuat yg lebih besar
    Selamat menikmati masa2 perjuangan, Sahabat..

    *komenku kepanjangan yak?😀

    1. wahhh… mantapppffff banget mbak komennya,,
      bagus tuh kalo dijadiin postingan.. hehe

      iia bener sekali mbak, kadang kita yang harus sedikit berkorban..
      dan mungkin dengan berkorban nggk balik kost? hehe

      suka tidak suka, memang sudah ada semacam aturan tidak tertulis bahwa perempuan sebaiknya tidak pulang malam.

      iya mbak, jadinya mendingan pulang pagi daripada pulang malam kan?? hehe

  7. ya, sabarlah,BBS tadi bermaksud baik
    memang semakin banyak aktifitas juga makin banyak tantangan

  8. halo nenden, kalo mau belajar skets bisa dilatih kok. tinggal kesabarannya aja hehe. btw, sudah ada yang baru di blogku. monggo

  9. hahahah… untung diriku cowok… haha

  10. Di-multiplexing aja, time division multiplexing…. hehehehe…
    Jadi, serangkaian waktu itu dibagi atas banyak time slot, terus dijalanin atu-atu…

    Ato mo pakek multiplex laen? Space division, dalam 1 waktu bisa mbikin alokasi lebih dari 1 tempat…

    1. opo kui kang??
      ck..ck..

      serasa kuliah ae…
      (doh)

  11. leboh baik memang tinggal di kantor sampai pagi….. kalo malam dikira maling:mrgreen:

  12. iyah, mending pulang pagi.
    dari pada pulang malem di curigai…😀

  13. Makanya kost aja di rumahku😆

  14. sabar kang mungkin mau naik job kali

  15. akan lebih baik klo minta ijin dari pak RT di daerah kost tempat Anda tinggal atau minta keterangan dari organisasi tempat Anda menjadi aktivis

  16. masih mending sekali nge kost. lah, saya pulang pergi rumah, dan pulang malem sangat tidak diijinkan, apalagi sampai nginep! bersyukur sajalah,. berusahalah jadi kreatif. Kebetulan, saya bergelut di kantor yang sejenis juga. hehe

  17. Solusinya ya jangan pulang malam. kegiatan aktivis harus dirumah dengan memakai media online saja jadi nggak perlu sering2 kumpul.Tugs utama kan kuliah tho,bukan jadi aktivis he he he
    Cewek kan riskan kalau pulang malam terlalu sering tho nduk.
    salam hangat dari Surabaya

  18. pulang pagi aja…

  19. yup, pulang pagi lebih baik dibanding pulang malem2/dini hari. jadi, ga ada ronda2 yang suka iseng nanya2 gitu..

  20. ada komunikasi yang baik antara mahasiswa dengan paguyuban kost-kostan, mahasiswa tidak menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan, apapun alasannya saya lebih setuju wanita tidak pulang malam-malam, kalau terpaksa jangan sendirian ada teman wanita minimal satu lagi

  21. salam kenal aja dech mbak🙂

  22. yaaah, kalo pun emang banyak kerjaan, apa tiap hari pulang malem terus?
    kos ya jgn jaoh2 lah dari kampus..
    cewek pulang malem pasti image nya jelek, apalagi mahasiswi sekarang kan banyak yang “nyambi” … bukannya menggeneralisir lho….

    1. ini aja kost-q udah lumayan deket kampus..
      :dan karena itulah penjagaan ketat:

      emang gitu juga ya..
      banyak yang `nyambi`..

  23. hahah.. betul pulang apgi aje kalo g boleh pulang malem😛 hahahha

  24. kalo ga pulang sekalian gimana?

  25. wah kalo mbak pulang malam kan rapat kalo saya ya keuyuran hehe

  26. iya ya. podho. lha wong lek rapat BEM/MPM suka gak kira2 itu lho. kadang sing melu rapat yo sampe bingung iki mbahas opo tho sampe harus pada pulang jam 2 pagi.

    mungkin lebih baik nggak pulang sekalian…😐

    1. ya mudah2an pilihan itu yang terbaik..

      `tapi tetap alangkah baiknya pulang sore saja..
      mangkir rapat kalo perlu` hehe

  27. Sudah menjadi pandangan umum masyarakat bahwa memang kalau cewek pulang kelihatannya agak gimana gitu.. tapi itu hanya pandangan orang-orang saja..

  28. alin.aun · · Balas

    Terima kasih untuk kunjungan baliknya, cepat seklai. Kalau mau tahu tentang UKM saya, langsung saja klik di sini😀

  29. adduhh..Mbak Nenden sayang..jangan sering pulang malam ..apalagi pulang pagi..
    kerjaan khan bisa diatur..(keluar cerewetnya ..maklum ibu-ibu😉 )
    😀

    1. iya siap mbak (atau bu?) hehe
      ini pun kalau hanya ada sesuatu yang mendesak,
      kalau free pasti balik cepet koq..🙂

  30. riankurus · · Balas

    iya,mending pulang pagi sekalian. gak baik

  31. ya besok kos-nya kalo pergi dibawa ya.

  32. aturan dan aturan lalu kemudian aturan di teruskan dengan aturan.. hmm

  33. gimana cara ngebawa-na kang Aji? hehehe….

    lam sayank

  34. turu neng posko tapak suci wae mbak hehehehhehe
    wah dah lama gak kbar2x di blogmu hehhee

  35. biasana seeh klu da malem 9ituh aku lebih milih n9ebasecamp dikampus dis..
    n9inep baren9 baren9 konco,tapi klu meman9 harus pulan9 mlm,jan9an sendiri minta dianterin temen temen ajah rame2 jadi klu ditanya kan mreka meman9 percaya klu itu bener2 ke9iatan kampus..

    bicaralah sama yan9 punya kost tentan9 jadwal ke9iatan,dan knapa harus pulan9 mlm,nanti y9 punya kostkan bisa bilan9 sma yan9 ja9aain portal itu..

  36. ususpanjang · · Balas

    wahh mba, pindah kosan aja yang akses nya 24 jam. akses masuk kosan, akses jalan, dan yang penting akses makanannya 24 jam.hehehehee😀

    salam knal mba’e

  37. ambil positifnya dek, sebenarnya peraturan dibuat untuk menjaga para mahasiswi juga di situ. lagian perempuan pulang malam sendirian juga kurang aman kan. saran saya:1. coba adek dan sesama aktivis perempuan menghadap pak BBS dan jelaskan kegiatan sehari2 sehingga kadang perlu pulang malam, sehingga BBS memahami 2. coba evaluasi kegiatan yang mengharuskan sering pulang telat itu. apakah bisa diefisienkan lagi? cobalah membuat rapat yang efektif dan efisien. pastikan rapat itu memang untuk koordinasi yg terarah dan menghasilkan. tubuh juga perlu istirahat dek, dan apa yg kita lakukan di masa muda terhadap tubuh kita, baru keliatan efeknya 10-20 tahun mendatang.

  38. hampir sama sepertiku..

    abis nyari donor buat temenku,baru pulang jam 2 pagi.mau masuk kos udah kekunci,mau nelpon bu kos takut ditabok sendal *ga deng*. akhirnya saya memilih nongkrong di warung depan kosan *warungya uda tutup* sampe subuh, dan bu kos shock ngeliat saya lagi ngelesot di bangku warung waktu bu kos mau ke masjid.

    akhirnya sejak kejadian itu,saya lebih memilih tidur di shelter kantor daripada di bangku warung.tragis..

    1. cerita yang sangat menarik…
      untung ga dibangunin ibu kost pake diguyur air ya???

      1. untungnya bu kos orangnya baek..waktu itu minta maaf sampe berkali-kali,padahal bu kos ga salah.hehew..

        dan sejak itu pula bu kos jadi amat sangat baek ke saya.mbayar kos telat juga dibiarin aja.hahay..

        yah,itu uda setahun yang lalu sih.sekarang uda ga ngekos lagi..😀

  39. dari pada pulang malam lebih baik pulang pagi atau ga usah pulang sekalian….,

  40. BBS dan jam malam itu emang ada benernya. Tujuannya kan emang baik.
    Solusinya; Ya jangan pulang malam. Lemburannya dirubah kek tidak malam lagi.

  41. ngatur waktu lagi dech mba. masa kuliah sebegitu menyita waktu dari pagi sampai malam jam 8 (dari cerita kan pulang jam 12 malam, ya mungkin kegiatannya dimulai jam 8 lah)
    hehehe

  42. apa mendingan gak pulang aja sekalian? hee … males juga yah musti ngadepin bapak2 sangar kayak gt, huu huu

  43. setuju pulang pagi daripada pulang malam. karena lebih aman dan lebih baik…

  44. mbaknya jurusan apa dan angkatan berapa??? aku akuntansi 08

    1. aku T.Informatika UMS 07, kamu UMS juga??

  45. gimana ya mbak, itu juga kan demi kebaikan juga. cobalah diatur ulang mbak aktivitasnya. coba sampaikan di forum, karena peraturan masyarakat yg udah ditetapkan ya harus dipatuhi, kan kita selaku para pendatang.

    saya rasa, forum akan bisa memaklumi kok.

  46. apapun alasannya , cewek pulang malam memang tidak baik, dan bisa dicap jelek

  47. jadi inget waktu di senat dulu. share solusinya
    1. pasti ada waktu luang, atau luangkan waktu untuk pertemuan di siang hari.
    2. efisiensi pertemuan, kurangi obrolan yang ngalor-ngidul pada saat meeting. jadi pulang gak terlalu malam.
    3. manage waktu sesuai dengan peruntukan.
    4. tidur di kampus bisa jadi solusi terakhir, kalau betul-betul kepepet, jangan keseringan, entar di sangka satpam kampus.
    5. salam aktifis…

  48. usep kartiwa · · Balas

    mereka gag tau habis kja postf apa negatif,, yg mereka ingnkn atrn ttp berlaku demi keamanan. solusinya kmu hrs bisa menyesuaikan dengan lingkungan sekitar,,,ingtlh bu ni negeri orng mngkn gag bisa seenaknya. hmmmmmm klo kmu pngin bebas bli z..rmh sndri heeeee (bcnd)

  49. jam 1 itu pulang pagi… extend ajah 1 jam lagi pasti portal dibukain

  50. huahahahhahahahhaa ngakak aku mbacanya

  51. bener kali mbak. Sebagai cewek pulang malem walaupun aktivis dianggap kurang lazim di Indonesia..🙂

  52. ya mending ngga usah pulang sekalian, daripada kuping panas diinterogasi…😆

  53. Solusi yang mantap adalah dan paling banyak digunakan temen2 q cewek adalah.. kenalan dan akrab sama bapak penjaga pos satpam.. pasti aman.. hehehehe *solusi GJ*

    1. ck..ck..
      emang aku cwek apakah?
      *bener2 GJ*

  54. cari tempat kost lain aja…

  55. wah tabir rahasianya terungkap
    kamar kos yang semrawut :))

    1. heh.. itu bukan kamar kos-q!!:p

  56. […] sudah malam mas, tak cukupkan sekian ya. Nanti malah sampean mendengar 7 suara dari ladang jiwa, kan gak boleh pulang malam to. Salam ya untuk bapak ibu dan seluruh keluarga di […]

  57. nginep pos rondha aja
    wahahahaha

  58. gak boleh pulang malem mending gak pulang sekalian

  59. Trus hubungannya sama gambar kamar kost yang babak belur itu apa mbak?? Xixixix😛

    1. yoo nggak ada,, lagian itu bukan kamar kost-q..😛

  60. mending kalau udah malm gitu,mampir aj kerumah saya mbak.. wkwk…wkw…

  61. Hadoh …
    Anak-anak sekarang …
    (sedakep … geleng-geleng kepala …)

    Yang jelas …
    Jaga Kondisi …
    Angin malam tak sehat untuk badan

    Salam saya

  62. mending kosnya dibawa-bawa aja…kaya keong..

  63. kalo saya mah anak rumahan..
    jam 9 dah harus di rumah… hehehe

  64. nggak boleh pulang malam ya ngga usah pulang😀

  65. itu kamar ente sob..??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: