Resolusi Tahun Baru Sebagai Cermin Untuk Perbaikan Diri

“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok” (Al-Hasyr:18)

Dua momentum pergantian tahun yang kita alami, yaitu pergantian tahun hijriyah yang jatuh pada tanggal 18 Desember lalu, dan pergantian tahun masehi pada tanggal 1 Januari nanti, merupakan momen yang sangat tepat untuk refleksi, dan muhasabah diri atas semua yang telah terjadi dalam kehidupan kita secara menyeluruh selama setahun ke belakang. Dimulai dari mengevaluasi kegagalan apa saja yang kita lalui, dan mencari tahu penyebabnya serta rencana perbaikan yang akan dijalankan, serta strategi yang dilaksanakan agar tidak terjadi kesalahan yang sama di tahun selanjutnya.

Selain dijadikan sebagai momen untuk refleksi diri, pergantian tahun pun sering dijadikan sebagai waktu untuk membuat banyak resolusi yang harus dilaksanakan pada tahun berikutnya. Jika kita menilik makna resolusi sebagai ukuran ketajaman citra atau gambar dalam dunia digital, hal tersebut bisa dianalogikan bahwa target-target yang kita buat bisa menjadi sebuah ukuran ketajaman atau kekuatan usaha kita dalam hidup ini. Semakin tinggi resolusi gambar, semakin jelas dan tajam gambar yang dihasilkan. Semakin tinggi target yang kita tetapkan, maka semakin jelas pula tujuan hidup yang akan kita capai. Namun, setiap target tersebut jangan hanya sekedar tinggi, tetapi harus tetap memiliki unsur SMART, yaitu Specifics (spesifik), Measureable (terukur), Attainable (dapat dicapai), Reasonable (masuk akal), dan Tangible (menginjak bumi) yang bermaksud agar setiap resolusi yang telah dibuat dapat terlaksana seluruhnya, dan merupakan unsur pembeda antara target dan angan-angan.

Lantas, resolusi seperti apakah yang cocok bagi kita mahasiswa yang berperan sebagai agent of change? Setidaknya ada beberapa poin resolusi yang harus bisa diraih disetiap waktu, yang pertama adalah Belajar. Dengan background sebagai civitas akademika, sudah barang tentu poin pertama ini merupakan poin yang wajib dicapai setiap tahun, karena dengan belajar inilah kita akan selalu bisa memperbaiki diri, dan selain itu belajar pun merupakan kegiatan wajib bagi setiap insan pembelajar mulai dari lahir sampai ajal tiba. Poin kedua adalah bergerak maju. Tak ada orang yang ingin hidupnya berjalan ditempat, ataupun tertinggal, karena hal tersebut merupakan salah satu indikasi dari kegagalan. Kemudian poin selanjutnya adalah melakukan yang terbaik, karena dengan usaha yang optimal maka hasil yang akan dicapai pun akan maksimal.

Sesungguhnya kita tidak perlu menunggu tahun berganti untuk membuat sebuah resolusi, karena seharusnya setiap hari adalah waktu untuk membuat resolusi, menetapkan target, dan selalu bekerja dan berusaha untuk mencapai target. Apabila semangat seperti memang selalu datang tiap hari, maka akan terbentuk individu yang selalu mampu bercermin dan memperbaiki diri.

Semoga setiap resolusi apapun yang dirancang pada awal tahun ini mampu mengubah setiap individu untuk menjadi lebih baik, dan yang pada akhirnya dapat mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang bisa belajar dari kesalahan.

SELAMAT TAHUN BARU!

12 komentar

  1. Ah, setiap hari aku pasti berkaca di depan cermin (lol)

  2. selamat tahun baru mbak nenden..

  3. Evaluasi untuk taun ini, Skripsi koq mandeq..???? sial….

  4. ikut evaluasi kyak ~MHC~; penelitian dan buku koq mandeg…ou berarti disuruh sabar, instrokspeksi dan belajar dari kesalahan😀 (ngeles, padahal malesan, hehe)

  5. selamat tahun baru semoga ditahun 2010 ini tambah sukses amin

  6. selamat tahun baru… semoa taun depan bisa lebih baik lagi…

  7. apa kabar
    met menyongsong tahun baru ya
    makaci

  8. @all: Selamat tahun baru juga, semoga momen itu bisa benar-benar dijadikan untuk evaluasi diri dan memperbaiki diri.. SEMANGAT!

  9. Amienn….semoga di tahun baru semakin lebih baik

  10. akang zhitoer · · Balas

    mari kita buka lembaran2 baru tanpa menghapus lembaran lama

  11. selamat tahun baru..
    *tiup terompet*

  12. ayo kita sambut kedepan dengan lebih meningkatkan kualitas kehidupan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: