donor darah asyik…

akhirnya kawannn…
setelah telat lebih dari 6 bulan (telat nggak donor maksudnya, bukan telat yang lain), aku bisa donor darah lagi…
Kemarin Senin tanggal 27 April 2009, bertempat di IMM Averous Fakultas Teknik UMS, donor darah akhirnya dilaksanakan juga… sumpah jujur aja, sejak pertama kali donor darah setahun yang lalu, aku jadi ketagihan untuk rutin donor darah (maksudnya ketagihan snacknya.. haha). Oh ya, kemaren alhamdulillah aku sempat menjerumuskan teman saya SARI dan FITRI untuk ikut donor darah juga.

Nah, buat teman-teman yang belum pernah donor darah atau pun takut untuk mendonorkan darahnya, nii saya kasih tau bahwa banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil, yaa walaupun tidak ada manfaat langsung menjadi donor darah. Namun dengan mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali, maka tubuh akan terpacu untuk memproduksi sel-sel darah baru, sedangkan fungsi sel-sel darah merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik sehingga donor menjadi SEHAT. Selain itu, kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah. Atau simpelnya manfaatnya seperti ini:
1. Mengetahui golongan darahnya.

2. Mengetahui tekanan darah secara berkala (tiga bulan sekali) pada setiap akan menyumbangkan darahnya.

3. Dapat memperbarui darah di tubuhnya, karena telah menyumbangkan darahnya sebanyak 350 cc. Kemudian memperoleh darah yang baru pada bulan berikutnya.

4. Dapat tidur nyenyak.

5. Nafsu makan bertambah.

6. Mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh

7. Menurunkan resiko terkena penyakit jantung

Nah, yang paling penting… Setelah menyumbangkan darah, donor yang budiman akan mendapatkan menu donor, yaitu segelas susu, makanan ringan, dan suplemen penambah darah. Selain itu juga akan mendapatkan “Kartu Fasilitas untuk Donor Darah Sukarela”. Kartu ini berisi pembebasan service cost jika suatu saat donor itu sendiri membutuhkan darah, keringanan sebesar 50% dari service cost jika ada keluarga si donor yang membutuhkan darah dan pengobatan gratis di poliklinik umum PMI bagi donor jika sakit. Masa berlakunya kartu ini hanya tiga bulan, sehingga diharapkan tiga bulan kemudian si donor mau menyumbangkan darahnya lagi. (PMI)

Tuuh kan, banyak banget manfaatnya.. jadi, apakah kamu udah jadi donor darah??
“Karena darah setetes, sangat berharga untuk kepedulian sosial”😀

27 komentar

  1. dah hampir setahun ga donor darah lagi…entah kenapa, males begitu kuat menyerang

  2. aku wedi jarume he…
    pas SD dulu, mau disuntik aja pada mendelik di pojok sekolah…

  3. saya belum pernah
    atut liat jarum…hihihi
    klo bekam aka hijamah aka canthuk
    hampir sebulan sekali

  4. saya kok malah belum pernah donor darah ya?

  5. @nothing
    Semangat dunkz! inget aja sama snacknya.. haha:D

    @tiyoe
    cowok koq penakutt?! eh, kamu cowok apa pria??

    @ervan
    wahh..saya malah ngeri sama yang namanya bekam,, tapi kapan2 pengen nyoba ahh..

    @ihsan
    wahh..kemana aja?

  6. sebenarnya pengen donor, dulu sudah pernah mau donor, pas dipanggil dan liat jarumya langsung…(kabur…)

  7. 3 kali mau donor gagal terus tekanan darah dan berat badan menjadi masalah🙂

  8. pertama kalinya, secara pasti aku tahu golongan darahku sendiri juga karena pas mau donor😀 jadi point 1 ngikut. rasane emang plong kalo sudah donor. ada sesuatu beban yang berkurang dalam tubuh, he he he

    soal nafsu makan sama tidur kuwi tenanan pora nden. nek iyo aku tak donor maneh. soale nafsu makanku kok beberapa waktu ini lagi meredup (jarang makan)

  9. segelas susu, biskuit plus endog, bagus untuk anak kos, ayo ayo donor…

  10. @fathur
    weleh..masa’ sama jarum yang cuma segede jarum aja takut??

    @dafhy
    wahh..berarti sebelom donor mesti meningkatkan berat badan dulu, atau mungkin perlu didonor dulu sebelum mendonorkan.. hehe

    @kurnia
    “rasane emang plong kalo sudah donor. ada sesuatu beban yang berkurang dalam tubuh”
    yaiyaLah..wong darah kita dikurangi.. kalo msalah napsu makan sama tidur nyenyak, secara langsung sii saya tidak merasakan, itu juga tak kutip dari PMI.. tapi sii nampaknya bener, soalnya ada gosip juga kalo donor tuh bikin gendut.. hehe

    @gubrik
    yupz! absolutely right.. tepat banget! kamu mengerti sekali tujuan utama saya nulis ini.. haha:D
    *yaa walopun menu endog-nya udah diganti*

  11. aku lom pernah donor darah…

    takut….

    gk dicoba kali ya..😀

  12. donor ! takut….
    bukan takut sakitnya, tapi emang “gilo” dengan yang namanya darah…
    mending dipukul deh, daripada keluar darah…
    pernah sekali sih, kepaksa, karena sodara butuh banget darah,
    abis itu…mikir2…jadi..perlu dipaksa…hahahaha…

  13. Hidup IMM!! (lho?!)

  14. betul memang, apa yang ditulis, udah lengkap je…
    semoga bisa rutin aja, tapi nanti ketagihan hahaha…

  15. disekolahku waktu itu ada acara donor darah,
    tapi berhubung aku belum tujuh belas taun, jadinya aku ngga ikut nyumbang darah…

    bener ngga sih mba kalo habis ngedonor tuh ntarnya lemes?

  16. @manusiahero
    halah..masa’ takut, dicoba dulu…

    @atma
    hahaha..ntar tutup mata aja pas donornya,
    atau mungkin nanti tak bantuin maksa…hehe

    @suryaden
    wahh,,sekarang aja dah ketagihan..(snacknya) gyahaaha

    @antaresa
    whew..coba donor lagi,
    kata sapa jadi lemes? sebenarnya sii tergantung orangnya,,
    aku malah semangat kalo abis donor.. (soale snack menungg..hehe)

  17. Aku belum pernah donor darah…. pengin juga nih! tapi kayaknya aku masih kurang darah juga hehehe

  18. Golongan darah ku A (+) ada yang butuh?hehehe…

  19. Aku mah donor darah biar dapet snacknya. hehehe..

  20. wah banyak juga ya… ternyata manfaatnya.
    samai saat ini saya belum pernah donor je..

  21. wahh kbetulan saya mau menaikan nafsu makan nih.. klo gitu ikut donor darah ahh..

  22. nanti kalau nurannisaa pengen donor, aku mau kok donorin, xixixi… just puding😀

    udah cantix baek hati dan tidak sombong pula, hehe…

    gubrak..

  23. punten ah abdi nyimpang heula sakedap dan mau ngucapin thank’s for share di blog saya kemaren asepz.com

  24. UHm.. emank infonya kayak gitu..
    tapi kudu wanti2 aja takut ntar jarumnya gak stril🙂

  25. wah kemarin ada donor darah di telkom Solo.. sempat ikut dan terjerumus juga ikut.. Nih donorku yang ke 8 kali.. walaupun donorku ini yang terakhir belum mencapai 3 bulan dari selang sebelumnya tetapi tetap diperbolehkan ma dokternya.. hehhe.. O iya golongan darahku juga ooo

  26. aku jg ikut donor darah kemarin. ni pengalamanku donor darah.. yang penting dapat snack nya… hehe

    http://wibisono.blog.uns.ac.id/?p=606

  27. wah q tetep takut jhE h h h … wedi ma djarum suntik q wkwkwkwk😀

Tinggalkan Balasan

