Earth Hour 2009 di Solo… [updated]

Hmm..great event to save our beloved earth
tapi sayang, saya rasa sosialisasinya kurang merata, meskipun sudah sering diiklankan di tv2 dan di internet,
masih banyak orang yang belum tau kalo malem ini ada yang namanya ‘earth hour’ itu.
aku sebenarnya orang yang sangat care dengan linkungan, aku pengen banget ikut nyelametin bumi,
kalo boleh sombong, gini-gini juga aku tuh mantan calon anggota greenpeace indonesia, dan sampai saat ini aku termasuk orang yang tidak pernah membuang sampah sembarangan,
selain itu, aku selalu mencoba untuk menjadi seorang pedestrian untuk mengurangi penggunaan bahan bakar dan polusi kendaraan.
sekarang yang bikin aku bingung, apa yang harus aku lakukan di earth hour malem ini, masalahnya aku lagi ada di kantor, dan rencananya malem ini juga mu lembur nyetting.
Lha..masa aku sekonyong-konyong matiin lampu dan komputer, padahal mau dipake?

sebenernya dari kemaren aku dah woro-woro sama anak2 di kantor kalo malem ini ‘earth hour’, tapi mereka sama sekali gak peduli.. dan aku yakin.. di daerah sekitarku ini (tepatnya di griya mahasiswa kampus 1 UMS) bakal sedikit sekali, atau bahkan gak ada orang yang bakal matiin listrik selama satu jam dari 8.30-9.30pm.

hmm..jadi kembali ke masalah awal, sosialisasi earth hour aku rasa masih kurang mengena, karena tidak ada kampanye langsung terutama di kampus-kampus di kota solo ini.
atau..jangan2 hanya mental orang2 daerah sini aja yang emang dasarnya nggak care sama masalah yang begituan…

i don’t know..
lantas, bagaimana menurut anda?
apakah nantinya earth hour ini bakal memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keselamatan bumi?

*masih bingung mu ngapain nanti

akhirnya, tadi malem aku berhasil memprovokasi seluruh isi kantor untuk memadamkan listrik, cukup membahagiakan bisa mengajak orang untuk berbuat baik, tapi sayang kepedulian itu tidak hadir dalam benak anak2 griya lainnya, buktinya setelah kami mematikan semua listrik sehingga kantor menjadi gelap-gulita, anak2 griya yang lain masih sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Masih ada yang ngeBand-lah, maen game, bahkan anak2 BEM masih sempet rapat dengan lampu menyala. cukup prihatin juga sih.. tapi apa daya? setidaknya aku sudah memulai dari lingkungan terdekatku. Oh ya, aku liat review tadi malem, jakarta dan negara2 yang lain sangat antusias untuk ikut berpartisipasi dalam earth hour ini, dan aku harap antusiasme seperti itu bisa lebih merata untuk kedepannya…

11 komentar

  1. jangan cuma sekedar seremonial…
    harus pengaruh nyata dan signifikan bagi bumi…

  2. setuju jangan cuma seremonial … harus bisa dibiasakan dalam hidup sehari hari untuk selalu bijak menggunakan energi …

    blog walking …

  3. yang paling penting sekarang itu. . .mengembalikan hutan seperti sedia kala. . . .mari hijaukan bumi. . .kalau sekedar mematika lampu tapi penebangan dan pengrusakan hutan masih berlangsung. . .sama saja bohong to yo. . .ayo kita bikin gerakan hijaukan bumi. . .gak usah jauh2 dah. . .di solo saja skrg makin panas. . .hehehe. . .

  4. Jangan salah, aku juga sudah ikut gerakan Earth Hour lho. Tapi jamnya dimajukan.
    Masyarakat Indonesia sebenarnya adalah pioneer dalam Earth Hour ini, bukankah kita sudah terbiasa dengan pemadaman bergilir? Tak hanya satu jam, tapi bisa lebih dari 5 jam!

  5. repot amat, tinggal matiin. hehe

  6. wes dicobi nang OMAH tadi MALAM

  7. Alhamdulillah tadi malem ikut matiin lampu, yach walopun sempet kelupaan… molor deh jadinya…đŸ˜€

  8. Saya ikut matiin listriknya dari sekitar jam 09.45 – 20.33 WIB
    Gpp kanđŸ™‚

  9. […] seorang pedestrian –mengurangi penggunaan kendaraan bermotor-, dan ikut berpartisipasi dalam Earth Hour beberapa bulan yang lalu. […]

  10. […] saya rasa, sosialisasi earth hour tahun ini lebih baik dari tahun kemarin, dibuktikan dengan banyak teman yang mengapresiasi.. berbeda dengan tahun lalu yang saya rasa sangat minim dalam hal sosialisasi, sehingga hanya sebagian orang saja yang mengetahuinya.. [untuk review earth hour 2009, bisa dilihat di sini] […]

  11. […] gerakan mematikan lampu selama 60 menit ini masih kurang, [cerita pengalaman saya bisa dibaca di sini] bahkan banyak orang yang sama sekali tidak tau ada gerakan semacam […]

Tinggalkan Balasan

