GIMP; Mengubah (*.xcf) menjadi (*.jpg)

Bisa dibilang dulu saya merupakan orang yang gemar menggunakan adobe photoshop, karena saya memang senang desain dan editing/manipuation foto. Tapi sejak migrasi ke Linux, saya harus sedikit rela meninggalkan hobby saya di photoshop, dan mulai beralih ke GIMP (GNU Image Manipulation Program). Pada pertama kali saya menggunakan GIMP ini, jujur saja saya merasa kesulitan sekali. Karena tool dan tampilannya berbeda dengan photoshop, bahkan saya bingung sebenarnya icon tool yang mirip dengan photoshop ternyata fungsinya cukup berbeda. Hal itu menyebabkan kebingungan yang luar biasa. Tapi ya saya hanya bisa mencoba dan terus mencoba, darisana saya bisa menemukan keunggulan yang dimiliki GIMP juga akhirnya, walaupun saya bingung bagaimana cara mengekspor gambar dari GIMP file ke format JPEG, sampai project ke-2 saya ini pun saya masih belum bisa menemukan caranya. Dan akhirnya setelah berpusing-pusing, berkutat dengan window save-file, akhirnya saya bisa menemukannya! Bahagianya… hehe.

Untuk yang baru saja menggunakan GIMP seperti saya ini, ketika mengesave gambar hasil editan kita tersebut, kalau lupa atau belum mengetahui cara merubah formatnya, maka biasanya kita akan langsung mengesave saja, dan ketika akan menggunakan file tersebut untuk dimasukkan ke tulisan misalnya, akan bingung karena gambar kita malah tidak ada atau tidak bisa diimport, hal tersebut dikarenakan format default file di GIMP itu merupakan (*.xcf) dan itu biasanya tidak bisa digunakan untuk wallpaper maupun import ke tulisan.

Nah, untuk mengakalinya kurang lebih beginilah cara mengekspor file GIMP (*.xcf) ke format JPEG image (*.jpg), pertama kita buka kembali file pertama yang ter-save dengan format (*.xcf), atau dengan membuat project baru. Setelah siap untuk mengekspornya ke JPEG, kita langsung mengikuti cara di bawah ini. Setelah memilih file-save as kalau di photoshop kita bisa langsung menge-save gambar kita dengan memilih Format -di bawah File name- dan kemudian pilih .jpg, maka di GIMP pun kurang lebih sama seperti itu. Hanya saja di GIMP kita tidak akan menemukan Format di bawah File name, melainkan tab Select file type (by extension) -di bawah tombol (+ add)-, setelah kita mengklik tombol itu, makan format file gambar pun akan berhamburan keluar, dan kita tinggal memilih File Type JPEG image dan setelah itu tinggal save deh! Jangan lupa juga untuk mengatur kualitas gambar kita, biasanya ukuran Quality defaultnya 85 dan itu kalau di Photoshop sudah masuk High quality. Logikanya, semakin tinggi kualitas gambar, maka semakin tinggi pula file size-nya, oleh karena itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan sendiri. Setelah itu, tinggal SAVE deh. Dan gambar buatan kita bisa dijadikan sebagai desktop background/wallpaper atau untuk kebutuhan lainnya. Selamat mencoba!

6 komentar

  1. eh… mbak yang kemarin di kopdar.. wekekekkeke…..

    teh teh, kata MERUBAH itu kalo bahasa Indonesia yang baik dan benar harusnya MENGUBAH hwhwhwhw….

    peace….

  2. haiyyah mbak… tinggal save as trus tulis namafile titik jepege langsung jadi kok… kelamaan kalau milih format di tab. hal yang sama berlaku kalau pengin save as ke format lain. gimp kenal macem2 file gambar kok… enjoy ajah!

  3. @cahsleh..
    ohh,,bgitu tow?
    baru tau aku..
    mklumlah..masih amatir kelas teri..
    hehe
    thanx ilmunya..

  4. Kapan2 bisa diajarin dong. Kalau ada bukunya tentang GIMP, pinjam bisa tdak? Nuhun

  5. hehehe…. gampang mbak nenden….
    kalo gak bisa tinggal buka om google udah ketemu kok jawabanne…

    saya juga pertama kesulitan… tapi setelah di pelajari jadi mudah kok.. yang seelumya saya biasa pake adobe firework (saya gak pernah pake adobe photoshop) yang belom nemu penggantinya yaitu adobe dreamweaver… ada beberapa aplikasi linux untuk editing website tapi kurang maknyuss… kalo adapun pasti berat banget.. padahal komputer saya cuman pentium 3 dengan ram 256 VGA alakadarnya… wakakakak pake ubuntu intrepid ibex lagi.. lemooot banget… apalagi buka google earth kudu di tinggal makan dulu baru keluar… hahahaha

  6. terima kasih infonya, berjalan sukses…..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: