Akhirnya.. MIGRASI ke LINUX juga! (Ubuntu 8.10)

Kemaren (2/2), Alhamdulillah.. Allah memberikanku jodoh yang baru, dan mudah-mudahan bisa menjadi solmateku dalam jangka waktu yang lama. Sekitar pukul 13.00, soulmateku datang diantar oleh seseorang. Sebuah HP Compaq Presario CQ40 pun tiba-tiba ada dihadapanku. Sungguh tak bisa disangka memang, walaupun itu sudah direncanakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dengan perasaan excited, dan gugup, akhirnya aku mulai menjamah tubuh moleknya… saat itu dia memang belum memiliki Operating System apapun selain DOS, oleh karena itu aku mencoba untuk menginstall dengan drive OS yang ada di sekitarku pada saat itu. Dan saat itu aku hanya sanggup menemukan driver WINDOWS XP 2 *bajakan tentunya*. Akhirnya aku pun mulai mencobanya, tapi entah kenapa tiba-tiba malah muncul blue-screen, saya mulai panik pada saat itu dan saya putuskan untuk langsung mengeluarkan CDnya dari DVD room. Setelah menanyakan masalah ini di PLURK, banyak tanggapan yang masuk, dan diantaranya bilang kalau CQ40 mau diinstall XP, mesti di downgrade dulu DOSnya. Nah! Jadinya bingung deh waktu itu, mau install pake Ubuntu 8.04 yang kemarin dapet dari SLC, eh CDnya lagi dipinjem teman. Akhirnya aku pending dulu untuk bercinta dengan soulmate baruku ini sampai aku balik ke kost.

Selanjutnya, Magrib aku sudah balik ke kost. Dan dengan tidak sabar aku pun mencari CD Ubuntu 8.04 yang aku simpan, dan pada saat itu aku langsung mencoba untuk menginstall 8.04 di soulmateku, memang tidak keluar blue screen lagi, bahkan sudah bisa booting, tapi tetap saja masih belum bisa terinstall, soalnya selalu saja tiba-tiba layar jadi hitam dan ada tulisan error *ato apa gitu, aku lupa*. Sempat putus asa saat itu, tapi akhirnya aku ingat ada temanku yang mungkin mempunyai driver Windows Vista atau Ubuntu 8.10 *saat itu cuma mikir gimana caranya biar soulmateQ bisa berguna, jadinya gak ngurus mu diinstall apapun*.

Kemudian aku pun langsung meluncur ke sarang tempat persembunyian temanku itu. Setelah curhat tentang masalah ini, teman-temanku yang katanya baik itu pun bersedia mengeluarkanku dari jeratan masalah ini. Dan akhirnya kucoba untuk menyalakan soulmateku, tapi entah kenapa dia enggan terbangun. Ternyata, baterenya abis karena belum aku charge dari siang, ketika akan dicharge, aku baru sadar.. ternyata aku belum punya steker kaki 2 *apa pun namanya itu*, dan akhirnya soulmateku tak bisa diberi tambahan energi. Karena waktu itu sudah hampir jam 8, dan aku masih ada rapat di kantor, kemudian aku memutuskan untuk cabut dari tempat itu dengan tidak lupa meminjam DVD Vista dan CD Ubuntu 8.10.

Setibanya di kantor, dengan semangat 45, aku meminjam steker temanku dan langsung memberikan asupan gizi bagi soulmateku ini agar dia bisa terbangun lagi. Setelah cukup kuat untuk melek, akhirnya aku langsung mencoba untuk menginstall Vista, tapi ternyata DVDnya tidak bisa terbaca, entah kenapa. Akhirnya aku memutuskan untuk menginstall Ubuntu 8.10 dengan CD pinjaman tadi. Dan kalian tahu apa yang terjadi selanjutnya?

UBUNTU 8.10 TERINSTALL DENGAN SEMPURNA!

Aku sangat senang sekali dan merasa bahagia, tetapi karena rapat akan segera dimulai, dengan berat hati aku harus menduakan soulmateku dulu dan menunda percintaan dengannya. Sejak saat itulah akhirnya predikatku berubah, dari pengguna windows bajakan, menjadi PENGGUNA LINUX! Lega dan menyenangkan sekali, beginilah rasanya hijrah. hehe

Keep Spirit for Open Source.

14 komentar

  1. 1 jam yang lalu saya baru saja install Windows 7 Beta, gag mengecewakan, tapi karena sama aja ma Vista, 15 menit kemudian saya install ulang pake Ubuntu 8.1, hehehehhe

  2. Sewaktu ada berita kiamat dari Tuhan, Bill Gates malah bertanya, “Apa Tuhan akan menanyakan kelemahan Windows?” Seorang suci kemudian menjawab, “Tidak.” Dan Gates pun tersenyum lega.

  3. @mas arif,
    anekdotnya Lucu juga..:D

  4. smg smakin ‘peka’ dgn kondisi sekitar…
    sesuai dgn tagline-nya ubuntu : “humanity to others”đŸ™‚

  5. Nenden, bantuin maintain portal komunitas sederhana-nya alumni, ya. http://www.alumnipabelan.ning.com. Sign in pake:moderatorpabelan@yahoo.co.id. Password:indonesia.

    Coba satu-satu. Lama-lama jadi buanyak!! Thanks.

  6. Untuk blog-nya, sebenere ak juga malu2 gimana gitu. Tapi ga papa lah. http://www.alumnipabelan.blogspot.com. Sign in: moderatorpabelan@yahoo.co.id. Password:indonesia.

    Di-maintain juga ya.

  7. buat kamu sebenarnya yang paling cocok adalah open suse

  8. welcome to linux world, saya juga baru kemaren nginstall ubuntu 8.10 di laptop kesayangan setelah sekian lama CD kiriman dari shipit saya anggurin…

  9. duh senenge…
    *jadi pengin punya lektop baru*
    aku masih setia pake acer 2423 bermesin cleron 1,5, hdd 40, ddr2 1gb dengan 4OS, satu windows dan 3 linux (swapnya cuman satu)… intrepid ibex, suse 11, mandy powerpack 2008 semua lancar… arep opo maneh???

  10. semangat!

    senangnya bertambah teman pengguna linux 1lagiđŸ˜€

  11. salam perkenalan
    tulisane bagus n asyik ya
    siip, terus menulis!!1

  12. hue hue hue.. selamat atas menggunakan linux ubuntu… saya juga make linux ubuntu tapi udah saya transformasi jadi Mac OS X.. hehehe biar tambah mak nyus tampilan ne…

  13. waaahh…selamat datang di dunia ubuntu…kalo di sukabumi, main yah ke warnet linux ubuntu dagonet sukabumi…

  14. Wkekeke…………..
    Saking senangnya punya laptop baru, battereynya tewas gak tahu.
    Biar laptopnya awet, bebas masalah, biasanya nih harus diruwat. Kata orang Jawa dibancaki. Ajak yang ngasih komen disini makan gratis timlo, hehehe.
    Sebagaimana yang diatas, turut juga menyampaikan selamat atas penggunaan Pinguin sebagai OSnya.
    Kalau aku sendiri sih gak pakai UBuntu tapi lebih suka nyengklak mbak Suse.
    Hebat n hemat. Dulu cuma ngeluarin 30 rb sudah dapat buku skalian CD bootnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: