Solo Linux Conference (SLC) 2009 part 2

Pada SLC kali ini, banyak manfaat dan pengetahuan baru yang bisa didapat mengenai Open Source atau Linux. Seperti yang disampaikan oleh Rusmato pada materi Kisah Sukses Linux dan FOSS. Disini beliau menjelaskan tentang apa itu Linux, keuntungan apa saja yang bisa didapat dengan menggunakan Linux.

Pada awalnya Linux merupakan nama inti atau jantung (Kernel) sistem operasi komputer, yang dibuat pertama kali oleh Linus Torvalds. Kernel yang dilengkapi beberapa program lainnya membentuk Sistem Operasi Linux. Sedangkan Sistem Operasi Linux yang dilengkapi program untuk instalasi, konfigurasi, dan berbagai program untuk kebutuhan sehari-hari di berbagai bidang pekerjaan dikumpulkan dalam sebuah atau beberapa CD/DVD membentuk distribusi atau Distro Linux.slc1

Masih berhubungan dengan Linux, ada istilah FOSS. FOSS (Free Software & Open Source Software) adalah dua istilah yang maksudnya hampir sama, yakni program yang tidak perlu biaya izin atau bebas digunakan dan kode sumbernya dibuka (tidak dirahasiakan), sehingga cara kerjanya dapat dipelajari, lalu dikembangkan, dan disebarluaskan. Sedangkan kebalikan dari FOSS adalah Proprietary Software. Proprietary Software adalah program yang hanya dapat digunakan oleh pembuat/vendor. Pengguna hanya dapat menggunakan jika membeli lisensi (mendapatkan izin), tapi tidak dapat mempelajari cara kerjanya, mengembangkan, dan menyebarluaskannya.

Dengan menggunakan FOSS (Linux) ini, banyak bidang yang dapat melakukan penghematan yang berpengaruh terhadap kelangsungan ’hidup’nya. Seperti pada hasil riset di pemerintah, penghematan yang bisa didapatkan mencapai nilai sebesar 51%, sedangkan biaya yang dapat dihemat untuk menbiayai seluruh lembaga pemerintahan di Indonesia mencapai angka sekitar 11 trilyun rupiah. Sebuah angka yang cukup besar jika dilihat itu semua hanya digunakan untuk biaya lisensi saja. Padahal, dengan uang sebanyak itu kita bisa menggunakannya untuk keperluan lain yang lebih penting.

Selain penghematan, banyak peluang bisnis dan peluang kerja yang bisa didapatkan jika kita bisa menggunakan atau menguasai Linux. Banyak kisah sukses dari pengguna, pengembang, pendukungm dan pemerintahan yang telah memanfaatkan Linux dan FOSS, saatnya kita mengikutinya agar terbebas dari 5 perkara; bebas boros, bebas ketergantungan, bebas virus, bebas sweeping, dan bebas neraka.

Di materi yang lain, Tim UGOS UGM memperkenalkan dan memperlihatkan betapa mudahnya menggunakan Linux. Tidak seperti yang mayoritas orang bayangkan, ternyata menggunakan Linux itu tidak sesulit yang dibayangkan. Konsep dasarnya hampir sama dengan menggunakan Windows, hanya saja kali ini yang berbeda itu adalah tampilannya dan beberapa fitur yang tampak kurang familiar di mata user. Tapi jika kita memang berniat dan mulai membiasakan diri, maka dengan sendirinya kita akan menguasai penggunaan Linux. Bagi para user yang khawatir karena banyak software di Windows yang tidak bisa digunakan di Linux, itu tidak masalah lagi. Karena sudah banyak software-software pengganti yang fungsinya sama dan dapat dijalankan di Linux. Seperti OpenOffice sebagai pengganti Microsoft Office, Inkscape sebagai pengganti Coreldraw, GIMP pengganti Adobe Photoshop, dan lainnya.

Satu hal yang penting lainnya ketika kita menggunakan Linux adalah perlunya sebuah komunitas yang akan mendukung pengembangan dan memberikan bantuan ketika user menemukan kesulitan dengan Linuxnya. Karena hal itulah, maka banyak komunitas-komunitas Linux pun bermunculan, dan diantaranya mereka berbicara di depan para peserta pada materi ketiga tentang The Importance of Community.

6 komentar

  1. pertamax lagi…
    review-nya bagus, semoga menang sayembara… hehehe

  2. reviewnya keren.bisa minta di ajarin linux dunk🙂

  3. @dafhy, saya juga belom bisa Linux, pake aja belom..
    tapi insyaallah secepatnya migrasi nih.. hehe:)

  4. nagh biar cepet migrasi, profile mbak nenden udah tak
    masukin tuh di halaman kluwek. sila di lihat di
    http://kluwek.solo.linux.or.id/?page_id=11

    he he he, semoga makin mempercepat akselerasi migrasi
    mbak nisa ke linux, apapun itu distronya😎

    1. oke..dah q Liadh koq..
      thanx semngat nyah!😀

  5. Selain Linux, fotonya juga keren. Wakakak!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: