Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Labuhan cita-citaku…

UMS-Solo-Logo-kampus-info

”Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan satu dari 164 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan satu di antara 1.890 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia. Amal usaha bidang pendidikan ini bertekad mewujudkan kampus sebagai “Wacana Keil­muan dan Keislaman”, yakni mampu menumbuhkan budaya islami yang menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dilandasi nilai-nilai keislaman. Sikap kerja keras, jujur, ikhlas, sabar, berintegritas tinggi, berpikiran positif, rasional, objektif, adil dan berhati bersih sebagai landasan moral pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan ilmu-ilmu keislaman senantiasa ditanamkan kepada seluruh civitas akademik UMS untuk menyongsong era globalisasi.

Era globalisasi dan informasi menimbulkan interdependensi. Oleh karena itu, perguruan tinggi memainkan peran yang menen-tukan dalam pembentukan kualitas sumberdaya insani suatu bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan dan informasi. UMS tidak bisa lepas dari tuntutan tersebut dan perlu menata diri untuk meningkatkan keberlangsungan, daya juang, dan daya saing di masa-masa mendatang (sustainable competitive advantage).”

Di atas adalah kutipan profil singkat dari UMS, universitas yang kuperas ilmunya dan sekaligus memeras kocek keluargaku. Entah aku bermimpi apa sehingga bisa masuk universitas yang konon katanya termahal di Solo ini. Dan nampaknya benar jika ada mahasiswa yang memelesetkan kepanjangan dari UMS menjadi ”Universitas Mbayar Selalu”. Dimana lagi sih kita bisa lihat bayaran SPP per 3 bulan? Yang mana jumlah yang harus kita bayarkan itu sama dengan jumlah SPP 1 semester di Universitas lain?

UMS ini sebenarnya hanya merupakan tempat pelarian karena aku tidak lulus SPMB. Banyak sesal yang hadir karena itu. Tapi untuk saat ini aku sudah mulai bisa menerima dan mencoba menyadari kalau ini adalah pilihan terbaik dari Allah untukku.

UMS memiliki banyak kampus, aku tidak tahu persisnya 3 atau 4, yang pasti aku kuliah di kampus 2. Banyak hal positif yang bisa aku dapat setelah masuk UMS ini. Diantaranya aku menjadi rajin olahraga (baca: dipaksa untuk berolah raga). Bagaimana tidak, setiap hari kuliah mesti naik ke lantai 4 tanpa lift, belum lagi kalau harus praktek dan pergi ke Language Center, mungkin kalau dihitung-hitung bisa sampai 20 lantai aku naik turun setiap harinya, belum lagi dikali jumlah anak tangga setiap lantainya. Karena itulah sudah pasti kekuatan otot kakiku bertambah, dan badanku akan bugar dengan digerakkan setiap hari.

Mau Sehat? Makanya masuk UMS aja!

Jl. A. Yani Tromol Pos 1, Pabelan, 57102 SurakartaIndonesia

Telephone: +62 271 717417 Fax: +62 271 715 448

http://www.ums.ac.id

14 komentar

  1. Huh.. Pengalaman deg2an teh nenden (Orbital kan?) bberapa bln lg sy rasain jg… Fiuh.. Baca blog ini jg asa deg2an😀
    Moga sukses teh..

  2. Nden, km g usah sedih..gara2 g bs lu2s SPMB, seandainya km teu, hampir 50% mahasiswa yang kuliah di UMS adlah bentuk pelarian ketidaklu2san mereka ikut SPMB!akupun jg mengalami& mrasakn hal yg sama spt drimu.awal aku kuliah di Campus kt ini jg mrasa tidak nyaman dan ju2r..aku terpaksa.
    namun stlh wktu brjlan,,aku mulai sadar diri, tak semestinya aku berlarut2 mratapi nasibku yang tak mnyenangkan ini.aku mrasa dimanapun kta blajar, asalkan kt bnr2 insylah brhasil.
    dan kini kusadari, UMS jg g jlex2 amat spt yg aku kira sblumNa.
    Msalh fasilitas ckup mmadai, sbuah campus yg sudah mmpnyai nm besar dan untuk kualitas penddkaNa jg g perlu diragukn lg. byk orang2 yang lu2san UMS berhasil dan mraih ksukssan.
    Yg trpenting bg kita u/ sat ini adalah brsungguh2 dan mnikmati pa yg sudah kita punya.okey..??!..
    keep UMS comfort,,

    ,,,,,,,,,,,,,,dwie99_c@emse,,,,

  3. ikutan koment boleh ya, kalo namanya belajar gak masalah dimana aja, yg terpenting kenali tempat dimana kamu belajar dalam waktu singkat. Sesuaikan dengan apa yg kamu cita-citakan prepare dari yg sudah kamu kenali baik fasilitas, akademisi baik dosen, krywn, mhsw de-el-el. Kalo hemat saya kamu ‘kenali’ satu orang saja yg mempunyai link banyak, pasti deh yg belum kebayang seperti apa UMS, kamu akan lebih memilih kuliah di UMS daripada iktan SPMB. Yach biaya memang beda tp namanya jmn kpital sekarang ini. Manfaatkan dengan planing yg sudah dibikin untuk masa depan baik koneksi (kenal lebih dr sekedar ‘teman’) dengan orang yg nantinya menjadi reference buat masa depan yg kamu cita-citakan. Apalagi UMS kan tempat yg begitu banyak hal yg bisa bermanfaat buat mhsiswa asalkan si mhsiswa tau ‘kenal’ UMS. Salam,,, maaf ni koment padahal slh satu jebolan UMS yg gak lulus,he,,he,, anggep aja angin lalu.

  4. RIEZKY_pwd18 · · Balas

    detik2 terakhirku d’SMA adalah memutuskan dimana aq akan kuliah ntar..adnya beda pendapat antara babe ma nyak buwat aq pucing bgt,tp semuanya tetep dari aQna cendiri,,,,,,akhirnya aq bwt keputusan untuk ikut sPmB d’uMs surakarta d’fakultas komunikasi,,,,,,,cmoga masa depan aq akan keliatan lebih jelas dcini nantinya,,,,,,,……..,,,,,,,,amien,,,

  5. Jokin Purwanto · · Balas

    Ku mau mncoba curhat disini,, q lulusan Smk 08,, Prnh Bkrja smpai ’10,, trus Resign,, pngen kuliah,, bngung,,, mau masuk UNS,, tapi bisakah Lolos SNMPTN nanti,, Pa Ke UMS aja?? Budget pas2 an Neah,, kasi Saran Dunk..

    1. hmm.. kalau misalnya memang nanti SNMPTN ga lolos, saya saat ini jadi lebih merekomendasikan untuk masuk UMS saja, dibanding dengan PTS lainnya, bukannya saya membela almamater saya sendiri, tetapi jika dibandingkan dengan PTS di kota Solo, bahkan dengan PTN pun, UMS memiliki berbagai macam keunggulan, apalagi untuk masalah kemahasiswaannya. Kalo kamu bener2 orang yang aktif dan senang berorganisasi, UMS bisa jadi pilihan tepat buat kamu..
      tapi yang untuk masalah budget, emang ‘agak sedikit’ lebih besar dibanding yang lainnya, meskipun demikian, banyak banget koq beasiswa yang bisa didapet kalo emang bener2 niat.

  6. qw uda dtrimaaa di ums ambil s1 keperawaan,tapi qw takud masa depanqw nanti soalna akreditasi di ums eank s1 keperawatan masih c,,apakah klo aku lulus nanti akreditasinya bisa berubah??? pleaseeee di jauab

    1. ya mending ke FKIP aj!!!

  7. yah klau gak lolos spmb masuk ums aja!!

  8. Sy lu2sn smkN6 slo jrusn admNstrS pRkantran
    2011 InsyaAllah lu2s dan mNcr univ
    sy bingung mw msuk univ mN trz ambl fkults ap.ad yg bs membri sRan?
    Trm ksiH..

  9. Sy lu2sn smkN6 slo jrusn admNstrS pRkantran
    2011 InsyaAllah lu2s dan saAtny sy mNcr univ
    tp sy bingung mw msuk univ mN trz ambl fkults ap.ad yg bs membri sRan?
    Trm ksiH..

  10. Perawat mNding diakademi. Q dl brfikr msuk UMS tp ngeliat biaya n tk sbnding akreDitasi aq g minat. Kasian orang tua. Q merantau dijakrta,masuk sebuah akademi keperawatan HUSADA di jakrta pusat.walau chines,q g pntg nyerah. Krn lulusan akper disini bnyk diminati.mw keluar negeri jg ok.kl pntr,bs dicriin beasiswa s1.pRKTer gratis krn pnya RS HUSADA yg waw. . . . . .q ja g nyangka bs masuk sitU. Kalo disurakata diatas nya akper panti kosala milik RS dr.oen. Krn q sbnrnya jg org sitU2 aja.

  11. jangan nyesel masuk UMS..UMS gak klh dengan universitas lain..asal kita niat buat kuliah,InsyaALLah Allah akan ksh jlan yg terbaeg buat kita..aq dlu pertmnya jg nyesel gra2 gak lolos SNMPTN..tp setelah beberapa hari menjalani studi di UMS.rasa keselq hilng….gak kbayang dluny ,,ternyata UMS masuk 11 besar PTN & PTS seindonesia..Hebat kan…ini membuktikan kalo UMS unggul dlam pendidikanya…..jangan nyesel deh pokokny…apalagi fakultas gue..the best..hehe…

  12. ya coba nanti ikut lihat2 ums dulu lah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: