SOLO (the spirit of Java)

Kota beruntung yang aku datangi dan aku singgahi…

logo+spirit+of+java

Dari dulu aku memang sudah berniat untuk mendulang ilmu di kota Budaya ini. Pertama datang ke Kota ini, aku merasa campur aduk, dari perasaan kagum, aneh, dan perasaan tidak rela untuk meninggalkan kampung halamanku. Yang paling menghambatku untuk beradaptasi di sini adalah Bahasa-nya. Di sini sepertinyaorang-orang sangat mencintai bahasanya sendiri, jadi hampir setiap aku bertemu dengan orang, pasti mereka menggunakan Bahasa Jawa. Selain karena aku yang memang lambat dalam mencerna dan cepat untuk lupa, pelafalan dan kecepatan orang sini bicara membuat aku sulit untuk belajar bahasa Jawa, karena itu aku sering kesulitan dan bingung sendiri kalau ditanya orang sini (mestinya aku pake label ”Dilarang menggunakan Bahasa Jawa” segede badag di dada).

Sedangkan salah satu yang membuat aku bahagia disini adalah biaya hidupnya yang murah, sekali makan 2000 saja  udah kenyang. Tapi hati-hati aja sakit perut sama diabetes, soalnya makanan disini tuh pedes-pedes, dah gitu minuman wajib adalah teh manis, kalau kebanyakan bisa menyebabkan efek seperti yang sudah aku sebutkan tadi.
Selain teh-nya yang manis, mas-mas nya manis juga.

Julukan sebagai Kota Budaya menurutku memang cocok untuk diberikan kepada SOLO. Baru datang saja, ’aroma Jawa’-nya sudah terasa. Selain karena memang orang sini menjaga kebudayaannya, Pemerintah Daerah (Pemda) juga mencoba untuk melestarikannya, contohnya saja yang aku tau Pemda Solo

mengeluarkan Perda agar dalam setiap nama tempat, jalan, fasilitas publik, dan lain-lain diwajibkan menyantumkan nama dalam aksara jawa-nya. Kalau kita jalan-jalan pagi, akan banyak kita jumpai orang-orang pada ’ngontel’ (baca: pakai sepeda ontel), hal itu membuat semakin kuatnya ’aroma Jawa’.

Satu hal yang membuat aku bingung, kalau kita cari kata Solo di peta sepertinya tidak akan kita temukan, yang ada tuh Surakarta. Lha.. terus Solo tuh apaan? Kabupaten bukan, Kecamatan bukan, apalagi Provinsi. Tapi setelah beberapa bulan menetap di Kota ini, aku bisa mengambil kesimpulan sementara, kalau Solo itu nama untuk semua daerah yang menjadi eks-karesidenan Surakarta.

Semoga saja di kota ini aku bisa menemukan dan mendapatkan pengalaman baru dan ilmu yang berguna untuk kehidupanku selanjutnya.

Untuk yang belum pernah ke Solo, ayoo… cepetan dateng! Gak bakalan nyesel deh… Masa kalah sama Bule?? Bule aja dah pada dateng kesini… masa masih satu Pulau Jawa belom??

Banyak mbak-mbak yang ayu dan mas-mas yang cakep lho…Nanti deh aku ajak jalan-jalan ke keraton Solo, Grand Mall, Solo Square, Pasar Klewer…

ayo.. tak enteni lho!!!

3 komentar

  1. Okeh Nden,,aku setuju ma kmu!!..
    Lebih mnarik lg jln2 ke WONOGIRI Nden,,
    Menurut para Eyang2 dan Kawulo Ta, WONOGIRI berasal dari dua suku kata, Pertama, WONO yang artinya mnurut bhs jawa adalah ALAS, dan yang kedua, GIRI yang artinya BATU. kedua kata trsbut digabung yang artinya Alas2(bhasa indo: Ladang)yang berisikan Batu2. Kmu dsana bisa liat2 yang nmanNa gunung Gandul. batu2 besar yg tertata dan menyatu mmboat kita terpesona dan menakjubkn. selain itu pohon2 serta dedaunan yang sejuk nan indah menmbah keharmonisan kita mnyatu dgan alam. Waduk Gajah Mungkur, tempat Wisata yang tidak kalh menariknya ikut menyumbangkan betapa indahNa Wonogiri yg mmberikan kesan bgi msyarakat asli Wonogiri sendiri serta pendatang.
    selain itu msh bbyk lg yg nng’ g bisa dijlaskan satu persatu. terlebih makanan khas WONOGIRI, yaitu GAPL;EK yang mmboat terknal di indonesia dgn sebutan KOTA GAPLEK.
    Mumpung km msh disolo, usahain Nden bisa maen ke kota Indah.. WONOGIRI!!..
    Dari solo hanya btuh wktu g sampe dua jam, pa lagi low pake kendaraan pribadi, malah2 skitar satu jam-an dah sampe.
    Makanya Ayo maen,,low ngg skrg kpn lg??..
    tak tyunggu,,, di Pucuk(bhs indo: ujung) Gunung Gandul. Okeyy Ndenn..

    ~WEllCOME IN WONOGIRI~

    ,,,dwie99_caemse

  2. Wah ternyata udah jadi wong solo juga dnk hahahaha🙂

    1. itu kan 5 tahun yang lalu, sekarang udah enggak lagi😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: